Loading Now
×

Ahli Gizi Sebut 8 Macam Makanan Wajib Konsumsi untuk Atasi Anemia

Ahli Gizi Sebut 8 Macam Makanan Wajib Konsumsi untuk Atasi Anemia

Ahli Gizi Sebut 8 Macam Makanan Wajib Konsumsi untuk Atasi Anemia

Share this content:

# Bergizi dan Sehat untuk Dikonsumsi

Baca Juga:

8 Macam Makanan Penambah Darah untuk Cegah Anemia, Simak Daftarnya

# Bergizi dan Sehat untuk Dikonsumsi

Daripada mengonsumsi suplemen zat besi yang mahal, lebih baik mengandalkan makanan yang alami dan bergizi untuk menambah darah dan mencegah anemia, salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami masyarakat. Berikut adalah daftar 8 macam makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

# 1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan brokoli mengandung zat besi yang tinggi. Selain itu, sayuran ini juga kaya akan vitamin C dan asam folat yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Sehingga, mengonsumsi sayuran hijau secara rutin dapat membantu mencegah dan mengatasi anemia.

# 2. Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi dan daging kambing mengandung zat besi heme yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Jadi, mengonsumsi daging merah secara teratur dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh dan mencegah anemia.

# 3. Telur

Telur merupakan sumber protein yang baik dan mengandung zat besi. Selain itu, kuning telur juga mengandung vitamin B12 yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Konsumsi telur sebagai bagian dari pola makan sehat dapat membantu menjaga keseimbangan kadar darah.

# 4. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau, dan kacang merah mengandung zat besi, protein, dan asam folat. Kombinasi nutrisi ini sangat baik untuk meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh dan mencegah terjadinya anemia.

See also  Sentimen Global Mendukung Pertumbuhan Ekonomi: Peluang Trading Saham Meningkat.

# 5. Buah-Buahan

Buah-buahan seperti apel, jeruk, anggur, dan stroberi mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C memiliki peran penting dalam meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Maka dari itu, mengonsumsi buah-buahan segar secara rutin dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan mencegah anemia.

# 6. Seafood

Seafood seperti ikan salmon, tuna, dan udang mengandung zat besi, vitamin B12, dan asam lemak omega-3. Kombinasi nutrisi ini dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan menjaga kesehatan darah Anda.

# 7. Gandum Utuh

Gandum utuh seperti roti gandum dan oatmeal kaya akan zat besi, serat, dan vitamin B. Konsumsi gandum utuh sebagai bagian dari pola makan sehat dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan mencegah anemia.

# 8. Susu dan Produk Susu

Susu dan produk susu seperti keju dan yogurt mengandung zat besi dan vitamin B12. Mengonsumsi susu dan produk susu secara teratur dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh dan mencegah anemia.

Sebagai kesimpulan, mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan zat besi, protein, dan vitamin B12 adalah cara yang alami dan sehat untuk mencegah dan mengatasi anemia. Jadi, jangan ragu untuk memasukkan makanan-makanan tersebut dalam pola makan sehari-hari Anda.

High-Protein-Diet-Pros-Cons-Alokamedicare-1024x682-1 Ahli Gizi Sebut 8 Macam Makanan Wajib Konsumsi untuk Atasi Anemia

Baca Juga:

Post Comment