Loading Now
×

Berbagai Amalan dan Doa yang Dianjurkan saat Memperingati Puasa Tasua, Arafah, dan 11 Muharram

Berbagai Amalan dan Doa yang Dianjurkan saat Memperingati Puasa Tasua, Arafah, dan 11 Muharram

Berbagai Amalan dan Doa yang Dianjurkan saat Memperingati Puasa Tasua, Arafah, dan 11 Muharram

Share this content:

Puasa Tasua dilakukan pada tanggal 9 Muharram. Sementara itu, Puasa Asyura dilakukan pada tanggal 10 Asyura. Ada satu lagi puasa yang dianjurkan, yaitu puasa pada tanggal 11 Muharram.

Baca Juga:

Keutamaan Puasa Tasua, Arafah, dan 11 Muharam

Puasa Tasua, Puasa Arafah, dan Puasa pada 11 Muharram adalah beberapa puasa yang memiliki keutamaan yang harus diketahui oleh umat Islam. Berikut ini adalah penjelasan mengenai keutamaan puasa-puasa tersebut:

Puasa Tasua, Asyura, dan 11 Muharram

Puasa Tasua dilakukan pada tanggal 9 Muharram, sementara Puasa Asyura dilakukan pada tanggal 10 Muharram. Selain itu, terdapat juga puasa yang dianjurkan pada tanggal 11 Muharram.

Bulan Muharram adalah Bulan Mulia

Bulan Muharram merupakan bulan yang mulia dan istimewa bagi umat Islam. Semakin banyak puasa sunnah yang dilakukan pada bulan ini, termasuk puasa sunnah Tasua. Hal ini dikatakan oleh Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin.

Puasa Sunnah Tiga Hari Berturut-turut

Imam Asy-Syafi’i dalam Al-Umm menyebutkan bahwa disunnahkan untuk berpuasa bukan hanya pada Tasua dan Asyura, tetapi juga pada tiga hari berturut-turut yaitu tanggal 9, 10, dan 11 Muharram. Hal ini dilakukan karena dua alasan. Pertama, untuk mengantisipasi perbedaan penentuan awal bulan Muharram. Kedua, untuk mendapatkan pahala niat diri dalam melaksanakan puasa sunah tiga hari dalam sebulan.

Keutamaan Puasa Sunah Tiga Hari Setiap Bulan

Puasa sunah tiga hari setiap bulan memiliki keutamaan yang besar. Dalam hadits, Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam bersabda bahwa pahala puasa sunah tiga hari setiap bulan seperti pahala puasa satu tahun penuh.

See also  Terkenal dengan Gaya Rambut Barbie yang Menawan, Yuk Kenali Lebih Dekat!

Puasa Tasua sebagai Pembeda Umat Islam

Selain itu, melaksanakan puasa Tasua juga menjadi pembeda umat Islam dengan umat lainnya. Hal ini ditegaskan dalam salah satu riwayat hadits, di mana Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam menjelaskan bahwa saat melakukan puasa Asyura, beliau juga berencana untuk melakukan puasa pada tanggal 9 Muharram sebagai pembeda dengan kebiasaan orang Yahudi dan Nasrani.

Puasa Tasua sebagai Ibadah Sunnah

Puasa Tasua merupakan puasa sunah yang dicita-citakan oleh Nabi Muhammad SAW, namun beliau belum dapat melaksanakannya karena beliau telah wafat. Puasa Tasua juga merupakan puasa yang diinginkan oleh Nabi sebagai ibadah sunnah yang menjadi identitas pembeda umat Islam dengan umat lainnya.

Menjadikan Para Sahabat Sebagai Teladan

Menjalankan puasa Tasua juga dapat menjadi teladan bagi umat Islam dengan meneladani para sahabat dan Salafus Shalih yang menjalankan Puasa Tasua sebagai bukti kecintaan mereka pada Sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW dan untuk mencapai keridhaan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Puasa Sunnah Selain Tasua dan Asyura di Bulan Muharram

Bulan Muharram adalah bulan yang istimewa, sehingga semakin banyak puasa sunnah yang dilakukan seperti puasa Tasua dan Asyura, maka semakin besar pahalanya. Selain itu, di bulan ini juga dapat dilakukan puasa sunnah lainnya seperti puasa Senin-Kamis dan puasa Ayyamul bidh.

master_hwR3g5590P_1588_jadwal_puasa_tasua_dan_asyura_muharam_2023 Berbagai Amalan dan Doa yang Dianjurkan saat Memperingati Puasa Tasua, Arafah, dan 11 Muharram

Baca Juga:

Post Comment