Loading Now
×

Desa-desa Diimbau Percepat Pembangunan Berkelanjutan Menurut SDGs

Desa-desa Diimbau Percepat Pembangunan Berkelanjutan Menurut SDGs

Desa-desa Diimbau Percepat Pembangunan Berkelanjutan Menurut SDGs

Share this content:

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyelenggarakan The First International Conference on Sustainable Rural Development (ICSRD) dengan tema Strengthening Sustainable Development Goals (SDGs) Desa as a Strategic Effort for Sustaining National Economic Resilience. Acara ini diselenggarakan di Aula Gedung Kemendes PDTT pada 25-27 Juli 2023 secara daring dan luring.

Baca Juga:

The First International Conference on Sustainable Rural Development

Pada tanggal 25-27 Juli 2023, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyelenggarakan The First International Conference on Sustainable Rural Development (ICSRD) dengan tema “Menguatkan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa sebagai Upaya Strategis untuk Menjaga Ketahanan Ekonomi Nasional”. Acara ini dilaksanakan secara daring dan luring di Aula Gedung Kemendes PDTT.

Dukungan untuk Percepatan Pembangunan Berkelanjutan

Wakil Menteri Desa (Wamendes) Paiman Raharjo menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendukung percepatan pembangunan berkelanjutan di desa-desa. Indonesia sebagai salah satu dari 193 negara yang berkomitmen untuk mencapai agenda global SDGs telah mencapai 69,16% dari seluruh tujuan pembangunan berkelanjutan dan naik 15 peringkat dari posisi 97 pada tahun 2021 menjadi posisi 82 pada tahun 2022. Untuk mempercepat pencapaian SDGs, dibutuhkan peran serta dukungan dari berbagai pihak di tingkat global, nasional, dan lokal.

Pentingnya Implementasi SDGs di Tingkat Desa

Paiman menjelaskan bahwa pemahaman akan pentingnya implementasi SDGs harus diperankan hingga ke level mikro. Pemerintah Indonesia melihat pentingnya kontribusi masyarakat di tingkat akar rumput untuk mempercepat pencapaian SDGs Nasional. Desa memiliki peran penting dalam aksi SDGs dan harus mendapatkan manfaat dari pelaksanaannya.

See also  Gigi Hadid Diamankan Polisi karena Kasus Narkoba, Tertangkap Membawa Ganja

Peran dan Posisi Strategis Desa di Indonesia

Di Indonesia, desa memiliki posisi strategis dalam pembangunan berkelanjutan. Pertama, dengan 91% wilayah Indonesia berada di pedesaan, ruang lingkup pemerintahan desa sangat dominan. Sebagai pemerintahan yang paling rendah, pemerintah desa berinteraksi langsung dengan warganya dan menjadi perwakilan negara yang paling dekat dengan masyarakat. Kedua, sebagian besar penduduk Indonesia, yaitu 41% pada tahun 2022, tinggal di pedesaan.

Inisiasi SDGs Desa untuk Pembangunan Mikro

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menginisiasi SDGs Desa sebagai upaya pelokalan SDGs ke level mikro. Hal ini bertujuan agar 17 tujuan pembangunan berkelanjutan dapat diadopsi, dipahami, dan dipraktikkan oleh masyarakat desa dalam kehidupan sehari-hari. SDGs Desa telah diterapkan sebagai arah pembangunan desa sejak tahun 2020, dengan dukungan komitmen, pendataan bottom-up, data real-time, dan kebijakan pendanaan untuk program atau kegiatan strategis yang mendukung SDGs Desa.

Memperkuat Ekonomi Desa dan Nasional melalui SDGs Desa

Untuk memulihkan ekonomi di desa dan memperkuat ekonomi nasional, Desa membutuhkan upaya strategis. Hal ini dapat dilakukan dengan memperkuat implementasi SDGs Desa. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan pemikiran dan kerja sama dari berbagai pihak.

Tujuan Konferensi

Paiman menegaskan bahwa tujuan dari konferensi ini adalah untuk memberikan pertukaran pengetahuan dan inspirasi dalam pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa yang sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan. Selain itu, konferensi ini juga diharapkan dapat mendorong kemitraan dan sinergi lintas sektor dalam memajukan dan mensejahterakan desa. Dengan memaparkan hasil SDGs Desa di tingkat nasional dan internasional, diharapkan konferensi ini dapat membuka peluang bagi desa-desa di Indonesia untuk mendapatkan dukungan dan bantuan yang lebih luas.

See also  Aston Villa Berhasil Mengalahkan Al Nassr dalam Perburuan Moussa Diaby

567228d1c8b8493e95e7296ce7b794ac Desa-desa Diimbau Percepat Pembangunan Berkelanjutan Menurut SDGs

Baca Juga:

Post Comment

Discover the ultimate nightlife experience at our premier nightclub in bali. Copyright © 2024 rummy nabob. Our services spa bali | spa in seminyak | spa in bali.