Loading Now
×

Investor Gelisah, Wall Street Mengalami Penurunan Signifikan akibat Keadaan Bank dan Ekonomi AS

Investor Gelisah, Wall Street Mengalami Penurunan Signifikan akibat Keadaan Bank dan Ekonomi AS

Investor Gelisah, Wall Street Mengalami Penurunan Signifikan akibat Keadaan Bank dan Ekonomi AS

Share this content:

Pasar saham Wall Street mengalami penurunan pada perdagangan Selasa, 8 Agustus 2023, setelah beberapa pemberi pinjaman mendapatkan penurunan peringkat dari lembaga pemeringkat kredit Moody’s. Hal ini mengkhawatirkan kondisi bank dan ekonomi Amerika Serikat.

Baca Juga:

Wall Street Ditutup Lebih Rendah Akibat Penurunan Peringkat Bank

Wall Street mengalami penutupan yang lebih rendah pada perdagangan Selasa. Penurunan ini disebabkan oleh penurunan peringkat beberapa pemberi pinjaman oleh lembaga pemeringkat kredit Moody’s, yang memicu kekhawatiran tentang kesehatan bank dan ekonomi AS.

Penurunan Indeks Saham

Menurut Reuters, Dow Jones Industrial Average turun 158,64 poin atau 0,45%, menjadi 35.314,49. S&P 500 kehilangan 19,06 poin atau 0,42%, pada 4.499,38, dan Nasdaq Composite turun 110,07 poin atau 0,79%, menjadi 13.884,32. Setelah mencatat reli selama lima bulan, S&P 500 dan Nasdaq Composite turun sebesar 5% dari level tertinggi sepanjang sejarah mereka.

Pemangkasan Peringkat dan Kepercayaan terhadap Bank

Moody’s memangkas peringkat pada 10 pemberi pinjaman kecil hingga menengah dan menempatkan enam raksasa perbankan sedang ditinjau untuk kemungkinan penurunan peringkat. Moody’s juga memperingatkan bahwa sektor kredit kemungkinan akan diuji oleh risiko pendanaan dan profitabilitas yang lebih lemah. Penurunan peringkat ini menunjukkan kerapuhan kepercayaan investor terhadap saham keuangan.

Dampak Kesehatan Sistem Perbankan

Penurunan peringkat Moody’s adalah pernyataan publik tentang kekhawatiran terhadap kesehatan sistem perbankan dan dampaknya terhadap ekonomi yang lebih luas. Kepala strategi investasi dan penelitian di Glenmede, Jason Pride, mengatakan bahwa penurunan peringkat dan pemberitahuan kepada bank-bank besar adalah masalah besar dalam gambaran yang lebih besar tentang bagaimana perekonomian beroperasi. Jika pinjaman bank daerah melambat, hal itu dapat mengganggu perekonomian secara keseluruhan.

See also  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Menganugerahkan Gelar Guru Besar kepada Ahli Transisi Energi

Dampak pada Indeks Pasar

Reaksi terhadap penurunan peringkat bank menyebabkan indeks Volatilitas Pasar CBOE mencapai level tertinggi dua bulan. Delapan dari 11 sektor utama S&P 500 mengalami penurunan. Sektor keuangan adalah salah satu yang mengalami penurunan terbesar, sementara sektor material dan pilihan konsumen juga mengalami penurunan yang signifikan. Namun, indeks energi berhasil mengatasi penurunan awal dan mengalami kenaikan sebesar 0,5%.

Saham yang Meningkat

Di tengah penurunan pasar, saham perawatan kesehatan seperti Eli Lilly melonjak 14,9% ke rekor penutupan setelah mengumumkan keuntungan kuartal yang optimis. Pada sektor komunikasi, Dish Network melonjak 9,6% setelah mengungkapkan rencana untuk bergabung dengan vendor komunikasi satelit EchoStar, yang juga mengalami kenaikan sebesar 1%.

Proyeksi Ekonomi dan Volume Perdagangan

Harga minyak mentah juga mengalami rebound setelah lembaga pemerintah AS memproyeksikan prospek ekonomi yang lebih cerah. Meskipun begitu, United Parcel Service tergelincir 0,9% setelah pemimpin ekonomi AS memangkas perkiraan pendapatan tahunannya. Volume perdagangan di bursa AS sejalan dengan rata-rata selama 20 hari perdagangan terakhir.

wall_street Investor Gelisah, Wall Street Mengalami Penurunan Signifikan akibat Keadaan Bank dan Ekonomi AS

Baca Juga:

Post Comment