Loading Now
×

Kecepatan Internet Bakal Bertambah! Starlink Ramaikan Pasar Malaysia dan Indonesia

Kecepatan Internet Bakal Bertambah! Starlink Ramaikan Pasar Malaysia dan Indonesia

Kecepatan Internet Bakal Bertambah! Starlink Ramaikan Pasar Malaysia dan Indonesia

Share this content:

Starlink, perusahaan internet berbasis satelit milik Elon Musk, kini telah hadir di Malaysia. Dalam cuitan mereka di akun Twitter resmi, Starlink mengumumkan bahwa Malaysia menjadi negara ke-60 di seluruh dunia yang dapat menikmati layanan konektivitas internet kecepatan tinggi.

Baca Juga:

GUNA Menyediakan Akses Internet Starlink di Indonesia

Pada wilayah yang sulit dijangkau oleh infrastruktur di daratan, Indonesia akan memanfaatkan layanan internet Starlink. Starlink adalah satelit Low Earth Orbit (LEO) yang dimiliki oleh perusahaan Elon Musk. Bahkan untuk peluncuran satelit Satria-1, Indonesia meminjam jasa Starlink. Namun, Elon Musk sendiri belum tertarik untuk mendirikan fasilitas di Indonesia. Ia lebih memilih Malaysia sebagai lokasi favorit baru untuk Starlink.

Starlink Hadir di Malaysia

Setelah Tesla, kini giliran perusahaan internet berbasis satelit milik Elon Musk, Starlink, hadir di Malaysia. Informasi ini diumumkan melalui cuitan di akun Twitter resmi Starlink. Mereka mengunggah foto menara kembar Petronas dengan sebuah antena Starlink di bawahnya. Starlink menulis, “Starlink sekarang sudah tersedia di Malaysia. Jadi negara ke-60 di seluruh dunia yang telah memiliki layanan konektivitas internet kecepatan tinggi.”

Peta Sebaran Starlink

Berdasarkan peta sebaran Starlink yang tertera di situs resmi mereka, hanya Filipina dan Malaysia menjadi dua negara di Asia Tenggara yang sudah memiliki Starlink. Layanan Starlink telah beroperasi di kedua negara tersebut sejak Juli 2023. Starlink menawarkan internet hingga 100Mbps dengan harga RM220 atau sekitar Rp725 ribu. Layanan Starlink di Indonesia baru akan tersedia pada tahun 2024, sesuai informasi yang tertera pada peta yang sama.

See also  AS Terjepit di Teluk Persia akibat Rusaknya Sistem Navigasi, Iran Makin Berkuasa

Kolaborasi dengan Telkomsat

Meskipun Starlink hadir di Malaysia, perusahaan tersebut juga akan menyediakan akses internet di wilayah Indonesia. Mereka akan bekerja sama dengan Telkomsat, anak perusahaan Telkom, yang menjadi mitra Starlink di Indonesia. Starlink adalah layanan internet berbasis satelit yang menawarkan kecepatan internet tinggi, bukan hanya di perkotaan, tetapi juga di daerah terpencil di seluruh dunia. Ini akan menjadi solusi bagi penduduk wilayah yang sulit mendapatkan akses internet yang stabil.

starlink-sudah-hadir-di-malaysia-indonesia-kapan-juDE7Yby8q Kecepatan Internet Bakal Bertambah! Starlink Ramaikan Pasar Malaysia dan Indonesia

Baca Juga:

Post Comment