Loading Now
×

Kementerian PUPR Bangun IKN dengan Target Selesai pada Tahun 2045

Kementerian PUPR Bangun IKN dengan Target Selesai pada Tahun 2045

Kementerian PUPR Bangun IKN dengan Target Selesai pada Tahun 2045

Share this content:

Progres Konstruksi Infrastruktur Dasar IKN Tahap 1
Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga, mengatakan bahwa progres konstruksi infrastruktur dasar IKN Tahap 1 telah mencapai 38,1% hingga saat ini dan semua kegiatan masih berjalan sesuai jadwal (on schedule). Konstruksi infrastruktur dasar IKN Tahap 1 ini telah dimulai sejak tahun 2021, termasuk pembangunan Jalan Tol Akses IKN Tahap 1, Bendungan Sepaku Semoi, Istana Negara, dan Kantor Presiden.

Baca Juga:

Pengerjaan Infrastruktur IKN Nusantara Tahap 1 Menuju Penyelesaian pada 2024

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dari Jakarta- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menetapkan target agar pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Tahap 1 di Kalimantan Timur, termasuk bangunan kantor pemerintahan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), selesai pada tahun 2024.

Kepala Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga menyatakan bahwa hingga saat ini progres konstruksi infrastruktur dasar IKN Tahap 1 telah mencapai 38,1%. Seluruh kegiatan tersebut juga masih berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Konstruksi infrastruktur dasar IKN Tahap 1 ini dimulai dengan kontrak pekerjaan pada tahun 2021 yang mencakup pembangunan Jalan Tol Akses IKN tahap 1, Bendungan Sepaku Semoi, Istana Negara, dan Kantor Presiden.

Pemerintah Bermitra dengan Pihak Internasional dalam Rangka Menuju World Water Forum 2024 ke-10

Danis menambahkan bahwa Kementerian PUPR juga telah memulai pembangunan IKN tahap kedua. Tahap kedua ini mencakup proyek-proyek yang penandatanganan kontraknya dimulai pada April – Mei 2023, seperti gedung kementerian koordinator 2 dan rumah rusun ASN IKN.

See also  KM Sirimau Menyediakan Rute Alternatif untuk Wisatawan yang Menginginkan Pengalaman Baru

Danis juga mengungkapkan bahwa beberapa infrastruktur dasar IKN yang utama yang akan selesai pada tahun 2024 adalah pemenuhan kebutuhan air bersih dan peningkatan konektivitas melalui jaringan jalan. Untuk pemenuhan kebutuhan air bersih, proyek Bendungan Sepaku Semoi dan Intake Sepaku sedang dalam tahap penyelesaian, dan penyaluran Sistem Penyediaan Air Minum diharapkan dapat dimulai ke beberapa kawasan di IKN pada tahun 2024.

Sementara itu, dalam hal konektivitas, Danis mengatakan bahwa pembangunan Jalan Tol menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN sedang dalam tahap penyelesaian. Tahap pertama dari Jalan Tol ini akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), sehingga jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN dapat dipangkas menjadi sekitar satu jam.

Progres pembangunan Jalan Tol IKN saat ini terbagi menjadi tiga seksi, yaitu Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km. Ketiga seksi ini ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2024 sekitar bulan Juni atau Juli.

Di sisi lain, dua seksi lainnya, yaitu Seksi 6A Riko-Rencana Outer Ring Road IKN dan Seksi 6B Rencana Outer Ring Road-Simpang 3 ITCI saat ini telah memasuki tahap lelang. Untuk Seksi 1 yang meliputi ruas Bandara Sepinggan-Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), akan dilakukan lelang pada Oktober 2023 dengan target penandatanganan kontrak pada Desember 2023. Sementara itu, Seksi 5B-1 Segmen Jembatan Pulau Balang-Simpang Rencana Bandara VVIP dan Seksi 5B-2 Simpang Rencana Bandara VVIP-Riko akan memasuki tahap lelang pada September 2023 dengan target penandatanganan kontrak pada November 2023.

Pada Seksi 2 Jalan Tol IKN merupakan bagian dari Tol Balsam, sedangkan pada Seksi 4, akan dibangun terowongan bawah laut (immersed tunnel) untuk menjaga lingkungan. Seksi 4 juga akan dilengkapi dengan dua jalur khusus untuk satwa. Saat ini, proses lelang pekerjaan desain untuk pembangunan immersed tunnel sedang berjalan.

See also  Irish Bella Akhirnya Bersuara, Ammar Zoni Diinginkan Menggenggam Harapannya

Danis menyebut bahwa pembangunan IKN merupakan kesempatan yang baik untuk menata kota sesuai dengan teori dan aturan, karena pembangunan kota dimulai dari awal. IKN direncanakan akan dilaksanakan hingga tahun 2045 dan diharapkan akan mendorong Indonesia menjadi negara maju. Pembangunan IKN tidak hanya melibatkan infrastruktur fisik, tetapi juga melibatkan transformasi kehidupan dan pekerjaan, terutama dalam pemanfaatan teknologi. IKN merupakan sarana untuk perubahan menuju yang lebih baik, mulai dari kemerdekaan hingga 100 tahun setelahnya.

kementerian-pupr-proyeksikan-pembangunan-ikn-rampung-pada-2045-menyongsong-indonesia-emas-di-satu-abad-kemerdekaan-FZnor46exb Kementerian PUPR Bangun IKN dengan Target Selesai pada Tahun 2045

Baca Juga:

Post Comment

Its 200 hour yoga teacher training course is held in the midst of rice paddies. Become a part of the vibrant rummy community and start your journey to becoming a rummy nabob today !. Location spa bali | spa in seminyak | spa in bali.