Loading Now
×

Klub-Klub LaLiga Total Sukses Atasi Dampak Pandemi, Meraih Pendapatan Hampir 5 Miliar Euro di Musim Terbaru

Klub-Klub LaLiga Total Sukses Atasi Dampak Pandemi, Meraih Pendapatan Hampir 5 Miliar Euro di Musim Terbaru

Klub-Klub LaLiga Total Sukses Atasi Dampak Pandemi, Meraih Pendapatan Hampir 5 Miliar Euro di Musim Terbaru

Share this content:

master_2lP64Sk72d_2094_presiden_laliga_javier_tebas_kiri Klub-Klub LaLiga Total Sukses Atasi Dampak Pandemi, Meraih Pendapatan Hampir 5 Miliar Euro di Musim Terbaru

Baca Juga:

Laporan Keuangan Laliga Tahun 2021/22 Mencatat Pemulihan Finansial Setelah Pandemi

LALIGA telah merilis laporan keuangan tahunannya untuk musim 2021/22, mengindikasikan pemulihan finansial yang signifikan dalam sepak bola profesional Spanyol. Pendapatan klub-klub Spanyol pulih hingga mencapai angka pra-pandemi, menempatkan mereka sebagai salah satu liga utama Eropa yang berhasil dalam menghadapi krisis.

# Peningkatan Pendapatan dan Kekuatan Ekonomi

Total pendapatan Laliga mencapai 4,838 miliar euro, menyamai rekor sepanjang sejarah yang terjadi pada musim 2019/20. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 22,6% dibandingkan dengan musim sebelumnya yang terdampak pandemi. Pertumbuhan ini terutama disebabkan oleh kembalinya penonton ke stadion dan pemulihan pendapatan pertandingan yang meningkat sebesar 123%.

# Peningkatan Pendapatan Komersial

Selain pendapatan pertandingan, terdapat juga peningkatan yang signifikan dalam pendapatan komersial sebesar 2,9%. Hal ini menunjukkan keberhasilan klub-klub Spanyol dalam memulihkan sebagian dari pendapatan yang hilang selama pandemi. Meskipun ekonomi sulit, klub-klub tetap berhasil mengatasi tantangan ini dan memperbaiki situasi keuangan mereka.

# Laliga Kembali Menduduki Posisi Kedua

Dengan total pendapatan yang mencapai rekor sepanjang sejarah, Laliga berhasil menduduki posisi kedua di antara liga-liga utama Eropa dalam hal pendapatan. Liga ini juga berhasil mendapatkan posisi teratas secara relatif, menunjukkan keberhasilan dan keberlanjutan finansial yang kuat. Dalam beberapa musim ke depan, Laliga diperkirakan akan kembali menjadi liga terkaya di Eropa dengan adanya aktivitas pasar transfer pemain yang semakin meningkat.

# Kontrol Pengeluaran dan Situasi Keuangan Klub

Meskipun pendapatan meningkat, klub-klub Laliga tetap berkomitmen untuk mengontrol pengeluaran. Biaya staf olahraga masih menjadi pengeluaran terbesar, tetapi klub berhasil mengurangi bobot biaya gaji terkait dengan net turnover. Dalam hal total pendapatan, klub juga berhasil menurunkan persentase biaya gaji. Ini menunjukkan tekad klub-klub untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memperbaiki situasi keuangan mereka.

See also  Semen Padang FC Memenangkan Pertandingan Melawan Persiraja Banda Aceh di Liga 2

# Keberhasilan Laliga Dalam Menghadapi Pandemi

Keberhasilan Laliga dalam memulihkan keuangan mereka dapat dilihat dari perbandingan dengan liga-liga besar lainnya di Eropa. Meskipun masih merugi sebesar 140,1 juta euro, defisit Laliga lebih rendah daripada Bundesliga Jerman, LFP Prancis, Premier League & Championship Inggris, dan Serie A & B Italia. Ini menunjukkan bahwa model Laliga yang berkelanjutan dan adanya kontrol ekonomi telah membantu dalam mengatasi dampak negatif dari pandemi.

# Peningkatan EBITDA dan Arus Kas Operasional Positif

Meskipun masih jauh dari rekor sebelum pandemi, Laliga mencatat peningkatan signifikan dalam EBITDA (pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi). Peningkatan ini menjadi tanda positif dalam pemulihan finansial klub-klub Laliga. Selain itu, pertama kalinya sejak musim 2018/19, arus kas operasi organik Laliga kembali positif sebesar 104,3 juta euro. Hal ini menunjukkan keberhasilan dalam mengelola keuangannya dengan lebih baik.

# Investasi Infrastruktur dan Pertumbuhan Lebih Lanjut

Investasi infrastruktur yang lebih tinggi menjadi faktor pendukung dalam pertumbuhan Laliga. Pembangunan stadion dan fasilitas pelatihan yang besar telah dilakukan oleh klub-klub dalam liga ini. Pertumbuhan ini juga diperkirakan akan terus berlanjut dengan adanya investasi dari rencana “Boost Laliga” dan renovasi lainnya yang signifikan.

Dengan pemulihan finansial yang kuat dan pertumbuhan yang berkelanjutan, Laliga terus menunjukkan keunggulan mereka dalam menghadapi krisis dan menciptakan kondisi untuk pemulihan yang bertahap, permanen, dan mandiri.

Baca Juga:

Post Comment

Waarom kiezen voor onze wifi producten ?. Xbox series s + fortnite + rocket league – special edition pack. Report now and discover :.