Loading Now
×

Melihat Kembali Kediaman Tadashi Maeda di Soekarno-Hatta: Dibalik Proses Penulisan Teks Proklamasi

Melihat Kembali Kediaman Tadashi Maeda di Soekarno-Hatta: Dibalik Proses Penulisan Teks Proklamasi

Melihat Kembali Kediaman Tadashi Maeda di Soekarno-Hatta: Dibalik Proses Penulisan Teks Proklamasi

Share this content:

Rumah tersebut adalah Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Baca Juga:

Museum Perumusan Naskah Proklamasi di Jalan Imam Bonjol No.1, Jakarta Pusat

Sebuah rumah di Jalan Imam Bonjol No.1, Jakarta Pusat telah berubah menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Museum tersebut memiliki sejarah penting dalam detik-detik kemerdekaan Indonesia.

Rumah yang Menjadi Tempat Perumusan Proklamasi

Rumah tersebut awalnya merupakan kediaman Laksamana Muda Tadashi Maeda, seorang perwira Angkatan Laut Jepang. Meskipun dia seorang Jepang, namanya sangat terkenal di Indonesia. Hal ini dikarenakan dia secara sukarela mengizinkan rumahnya digunakan sebagai tempat untuk merumuskan teks proklamasi. Di rumah ini, Ir. Soekarno bersama dengan Mohammad Hatta dan Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo bekerja sama dalam merumuskan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Arsitektur dan Sejarah Rumah

Rumah ini memiliki gaya arsitektur Eropa (Art Deco) dengan dua lantai yang dirancang oleh arsitek Belanda, J.F.L. Blankenberg. Rumah ini dibangun pada tahun 1927 dan awalnya dimiliki oleh Asuransi Jiwasraya, yang sebelumnya bernama Nederlandsch Indiesche Levensverzekering en Liffrente Maatschappij (NILLMIJ). Selama Perang Pasifik, Konsulat Jenderal Inggris pernah menduduki rumah ini. Kemudian, setelah Jakarta dikuasai oleh Jepang, rumah ini digunakan sebagai Kantor Penghubung Angkatan Laut dan Angkatan Darat Jepang yang dipimpin oleh Maeda. Setelah kemerdekaan, rumah ini dinasionalisasi dan kembali ditempati oleh NILLMIJ yang telah menjadi bagian dari Asuransi Jiwasraya di bawah Departemen Keuangan. Pada tahun 1961, rumah ini ditempati oleh Kedutaan Besar Inggris selama dua dekade. Selain itu, Perpustakaan Nasional juga pernah menggunakan rumah ini sebagai kantor hingga tahun 1982.

See also  Pengaruh Penerapan Ilmu Ekonomi terhadap Stabilitas Finansial Keluarga

Peran Sebagai Museum

Namun, selama lima tahun setelah tahun 1982, rumah ini ditinggalkan dan kosong. Pada awalnya, rumah ini tidak diketahui oleh banyak orang sebagai rumah bersejarah. Pada tahun 1982, dengan inisiatif dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat itu, Prof. Nugroho Notosusanto memutuskan untuk mengubah rumah ini menjadi museum. Untuk melengkapi koleksi di museum, mereka mewawancarai tokoh-tokoh yang terkait, bahkan menghubungi Kedutaan Besar Jepang. Dari Kedutaan Besar Jepang, mereka berhasil mendapatkan kontak mantan sekretaris rumah tangga Maeda, yaitu Satsuki Mishima. Dari beliau, mereka berhasil mendapatkan informasi mengenai tata letak barang-barang dan furnitur di rumah ini.

Koleksi di Museum

Semua koleksi di museum ini merupakan replika, seperti meja dan kursi di ruang tamu dan ruang makan, mesin tik yang digunakan oleh Sajuti Melik untuk mengetik teks tulisan tangan Soekarno, serta piano tempat Soekarno dan Mohammad Hatta menandatangani teks proklamasi setelah diketik oleh Sajuti Melik. Di halaman belakang rumah, terdapat sebuah bunker yang digunakan sebagai tempat perlindungan dan merupakan ciri khas rumah-rumah yang dibangun oleh orang Belanda pada masa itu. Ketika rumah ini ditempati oleh Maeda, bunker tersebut digunakan sebagai tempat penyimpanan dokumen-dokumen. Di lantai dua rumah, terdapat sejumlah foto dari era gerakan pemuda, serta perjalanan negara ini sejak diakui oleh Belanda pada tanggal 27 Desember 1949. Satu foto Maeda juga terpampang di sudut ruangan lantai dua ini.

melihat-kediaman-tadashi-maeda-lokasi-soekarno-hatta-lahirkan-teks-proklamasi-3VsnWBLIRX Melihat Kembali Kediaman Tadashi Maeda di Soekarno-Hatta: Dibalik Proses Penulisan Teks Proklamasi

Baca Juga:

Post Comment

What is melbourne international freight company ?. About us spa bali | spa in seminyak | spa in bali. Favorites | terreno homes for sale in naples florida | terreno single family homes.