Loading Now
×

Menakjubkan! Inilah Hasil Interaksi Presiden Jokowi selama Berkunjung ke Kenya

Menakjubkan! Inilah Hasil Interaksi Presiden Jokowi selama Berkunjung ke Kenya

Menakjubkan! Inilah Hasil Interaksi Presiden Jokowi selama Berkunjung ke Kenya

Share this content:

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memulai serangkaian kunjungannya ke sejumlah negara di kawasan Afrika, yakni ke Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan. Kunjungan ini bertujuan untuk memperkokoh solidaritas di antara negara-negara selatan global.

Baca Juga:

Jokowi Mulai Serangkaian Kunjungan ke Afrika untuk Memperkokoh Solidaritas Antarnegara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memulai serangkaian kunjungannya ke sejumlah negara di kawasan Afrika, yakni ke Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan. Kunjungan ini bertujuan untuk memperkokoh solidaritas di antara Negara-negara selatan global. Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan bahwa kerja sama perdagangan dengan Kenya, sebagai mitra dagang terbesar Indonesia di Afrika Sub-Sahara, telah meningkat rata-rata sebesar 17% per tahun selama 5 tahun terakhir.

Kerja Sama Investasi dan Perdagangan Antara Indonesia dan Kenya

Dalam bidang investasi, Indonesia berencana untuk melakukan investasi, joint development, dan joint venture di Kenya, terutama di sektor energi. Salah satu kerja sama investasi yang diperkuat adalah antara Pertamina Geothermal Energy (PGE) dengan Geothermal Development Company (GDC) senilai US$1,5 miliar atau setara dengan Rp22,9 triliun. Selain itu, Pertamina Geothermal Energy (PGE) juga menjalin kerja sama senilai US$700 juta dengan Africa Geothermal International Limited (AGIL). Selain sektor energi, Pertamina juga menjalin kerja sama di sektor hulu migas dengan Guma Group. Kerja sama ini dianggap penting untuk membuka jalan bagi kerja sama energi, termasuk energi baru dan terbarukan (EBT).

Langkah Melindungi Investasi dan Kerjasama di Bidang Kesehatan

Indonesia dan Kenya juga sedang membahas Bilateral Investment Treaty (BIT) untuk melindungi investasi kedua negara. Selain itu, Indonesia dan Kenya juga berfokus pada kerja sama di bidang kesehatan, seperti kerja sama antara Badan POM dari kedua negara dan kerja sama antara perusahaan farmasi Indonesia dengan perusahaan farmasi Kenya. Indonesia juga meminta dukungan Kenya untuk pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap PBB pada 2029-2030.

See also  TikTok Tanggapi Kontroversi Proyek S dan Bisnis Lintas Batas yang Menyeret Namanya di Indonesia

Hasil Kunjungan: 15 Deliverables yang Disepakati

Dalam kunjungan ini, telah disepakati 15 deliverables baik antara Pemerintah, BUMN, maupun swasta. Pemerintah melakukan 3 MoU, yaitu kerja sama di bidang energi, kerja sama di bidang pertambangan dan geologi, serta kerja sama di bidang farmasi. Selain itu, terdapat juga 1 LoI antara pemerintah terkait promosi dan fasilitasi investasi. Selain itu, terdapat pula 11 MoU dan kesepakatan baik yang dilakukan oleh BUMN maupun swasta, seperti kerja sama di bidang geothermal, sektor hulu migas, produk farmasi, pemenuhan kebutuhan daging, perkebunan kelapa sawit, industri tekstil, dan pertambangan.

Melindungi Investasi Migas

Selain kerja sama di bidang energi, Pertamina juga menjalin kerja sama melalui Non-Disclosure Agreement (NDA) untuk kerja sama eksplorasi migas di Kenya. Ini merupakan langkah untuk melindungi investasi migas Indonesia di negara tersebut.

329ae8cf4b574248842e71f1382ff56a Menakjubkan! Inilah Hasil Interaksi Presiden Jokowi selama Berkunjung ke Kenya

Baca Juga:

Post Comment

Yoga teacher training in bali. Become a part of the vibrant rummy community and start your journey to becoming a rummy nabob today !. Contact us spa bali | spa in seminyak | spa in bali.