Loading Now
×

Mengapa Nathalie Holscher Melepaskan Hijab? Lihat Perspektif Syariat Islamnya

Mengapa Nathalie Holscher Melepaskan Hijab? Lihat Perspektif Syariat Islamnya

Mengapa Nathalie Holscher Melepaskan Hijab? Lihat Perspektif Syariat Islamnya

Share this content:

nathalie-holscher-lepas-hijab-ini-hukumnya-menurut-syariat-islam-TGhgxdh9s2 Mengapa Nathalie Holscher Melepaskan Hijab? Lihat Perspektif Syariat Islamnya

Baca Juga:

Artis Nathalie Holscher Menggegerkan Publik dengan Melepas Hijab

Artis Nathalie Holscher telah menghebohkan publik Indonesia dengan keputusannya untuk melepas hijab. Ia memperlihatkan rambut panjangnya dalam unggahan terbaru akun Instagram-nya. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan mengenai hukum menurut syariat Islam tentang seorang Muslimah yang melepas hijab.

Hijab sebagai Kewajiban dalam Islam

Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam syariat Islam mewajibkan wanita Muslim untuk mengenakan hijab. Tujuan utamanya adalah untuk menutup aurat dan menjaga martabat serta kehormatan wanita. Allah berfirman dalam Al-Quran, “Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka,’ yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu, dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Al Ahzab: 59)

Allah Maha Mengetahui karakteristik manusia dan mengetahui kecenderungan laki-laki fasik terhadap wanita. Laki-laki tersebut sangat bersemangat untuk mengganggu wanita yang mereka anggap tidak terhormat. Namun, semangat tersebut akan hilang saat wanita yang berada di depan mereka mengenakan hijab dan menjaga kehormatannya. Hal ini merupakan bentuk kasih sayang Allah terhadap hamba-Nya. Karenanya, Allah mengakhiri ayat ini dengan menyebutkan dua nama-Nya yang mulia, yaitu “Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Tuntutan Mengenakan Hijab

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman, “Katakanlah kepada wanita yang beriman: ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) tampak daripadanya.” (QS An-Nuur: 31) Menurut tafsiran Ibnu Abbas, Ibnu Umar, Atho’ bin Abi Robbah, dan Mahkul Ad-Dimasqiy, yang boleh ditampakkan adalah wajah dan kedua telapak tangan. Dengan demikian, selain wajah dan telapak tangan, bagian tubuh lainnya merupakan aurat yang wajib ditutupi.

See also  Single Debut Jungkook BTS 'Seven' Mendominasi Peringkat Lagu YouTube

Tidak Menutup Aurat adalah Dosa Besar

Tidak menutup aurat merupakan dosa besar menurut ajaran Islam. Wanita yang melepas hijab berarti memperlihatkan auratnya kepada banyak orang. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: (1) Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan (2) para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berpaling dari ketaatan dan mengajak lainnya untuk mengikuti mereka, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.” (HR Muslim nomor 2128)

Abu Hurairah juga menjelaskan bahwa wanita yang berpakaian tetapi telanjang, yang berjalan dengan gaya berlebihan untuk menarik perhatian orang lain, tidak akan masuk surga dan tidak akan merasakan aroma surga. Padahal, aroma surga bisa dicium dari jarak 500 tahun. Para ulama menyatakan bahwa wanita tersebut menutup sebagian tubuhnya namun menampakkan sebagian lainnya, sehingga auratnya tetap terbuka.

Kesimpulan

Menurut syariat Islam, wanita Muslimah wajib mengenakan hijab untuk menutup aurat dan menjaga kehormatan diri. Tidak menutup aurat termasuk dalam dosa besar, karena wanita yang melepas hijab memperlihatkan auratnya kepada banyak orang. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap Muslimah untuk mematuhi perintah Allah dan menjaga kehormatan diri dalam berpakaian.

Wallahu a’lam bisshawab.

Baca Juga:

Post Comment