Loading Now
×

Mengungkap 5 Fakta Menarik Film Oppenheimer: Roll Film Panjang 17 Km dan Perseteruan dengan Tom Cruise di Layar Lebar

Mengungkap 5 Fakta Menarik Film Oppenheimer: Roll Film Panjang 17 Km dan Perseteruan dengan Tom Cruise di Layar Lebar

Mengungkap 5 Fakta Menarik Film Oppenheimer: Roll Film Panjang 17 Km dan Perseteruan dengan Tom Cruise di Layar Lebar

Share this content:

Oppenheimer Mengungkap 5 Fakta Menarik Film Oppenheimer: Roll Film Panjang 17 Km dan Perseteruan dengan Tom Cruise di Layar Lebar

Baca Juga:

Film Oppenheimer: Fakta Unik dan Menarik

Ada banyak fakta unik dan menarik dari film Oppenheimer. Berminggu-minggu sebelum film besutan Christopher Nolan ini tayang, netizen kerap memperbincangkan beragam informasi tentang Oppenheimer.

Antusiasme yang Sama Besar dengan Film Barbie

Boleh dibilang, animo penyambutan film ini sama besar dengan Barbie, film besutan Greta Gerwig yang juga akan tayang pada tanggal yang sama, yakni pada Rabu, 19 Juli 2023. Keduanya sama-sama telah dinanti sejak proses syuting diumumkan ke publik.

Perbandingan Biaya Produksi

Sebagai perbandingan, Oppenheimer diproduksi dengan biaya sebesar USD100 juta, setara dengan Rp1,49 triliun. Sementara Barbie menelan biaya produksi sebanyak USD145 juta, setara dengan Rp2,17 triliun. Kendati bertemakan biopic (epic biography) yang umumnya dikenal sebagai film yang serius, biaya produksi Oppenheimer rupanya lebih murah dibanding dengan biaya produksi Barbie.

Fakta Menarik Lainnya dari Film Oppenheimer

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa fakta menarik tentang film Oppenheimer.

Roll Film Raksasa

Oppenheimer diambil dengan kombinasi IMAX 65mm dan 65 mm format besar, termasuk di dalamnya beberapa seksi hitam putih. Menurut Associated Press, roll film IMAX Oppenheimer memiliki panjang 17 kilometer dengan berat 272 kilogram. Studio Keong Mas adalah satu-satunya studio IMAX di Indonesia yang dapat menampilkan format film Oppenheimer.

Ledakan Sungguhan, Kota Betulan

Christopher Nolan dikenal sebagai sutradara yang sangat berdedikasi menunjukkan orisinalitas dalam film garapannya. Pada film Oppenheimer, Nolan membuat ledakan sungguhan untuk mereka ulang tes nuklir Trinity. Ia mengutilisasi efek praktis (practical effect) alih-alih menggunakan CGI demi meminimalisir penggunaan gambar yang dibuat dengan komputer. Nolan juga membangun sebuah kota berlatar 1940-an dari nol demi Oppenheimer.

See also  Kolaborasi Lady Gaga dan Tony Bennett Membuat Sejarah, Raih Penghargaan Grammy Awards

Berebut Slot IMAX dengan Mission Impossible

Mission: Impossible – Dead Reckoning Part I tayang seminggu sebelum Oppenheimer, yakni pada 12 Juli 2023. Karena keduanya diambil dalam format IMAX, studio IMAX harus merelakan slot pemutaran Mission: Impossible untuk memutar Oppenheimer. CEO IMAX Rich Gelfond berharap dapat kembali memutar Mission: Impossible di studio IMAX.

Tidak Menggandeng Hans Zimmer

Christopher Nolan biasanya bekerja sama dengan komposer Hans Zimmer untuk menggubah musik di filmnya. Namun, sejak penggarapan Tenet, Nolan tidak lagi menggandeng Zimmer. Ia mempercayakan tugas gubahan musik kepada Ludwig Goransson.

Fenomena Barbenheimer

Oppenheimer tayang bersamaan dengan Barbie, dan dua film ini memiliki nuansa yang sangat kontras. Karena fenomena ini, penggemar film membuat istilah Barbenheimer yang masuk secara resmi dalam Urban Dictionary. Hal serupa pernah terjadi pada 18 Juli 2008, ketika The Dark Knight tayang bersamaan dengan Mamma Mia!. Kedua film tersebut menjadi peluncuran akhir pekan terbesar di Hollywood saat itu.

Kisah J. Robert Oppenheimer

Oppenheimer menceritakan tentang perjalanan fisikawan teoritis J. Robert Oppenheimer dalam pengembangan senjata nuklir pertama di dunia dalam proyek Manhattan. Oppenheimer menggunakan nuklir ini untuk mengebom Hiroshima dan Nagasaki. Film ini dibintangi oleh Cillian Murphy, Emily Blunt, Matt Damon, Robert Downey Jr., Florence Pugh, Josh Hartnett, Casey Affleck, Rami Malek, dan Kenneth Branagh.

Itulah beberapa fakta menarik tentang film Oppenheimer.

Baca Juga:

Post Comment