Loading Now
×

Menko Airlangga Buka Suara, Menjelaskan Keberlanjutan Program PSN

Menko Airlangga Buka Suara, Menjelaskan Keberlanjutan Program PSN

Menko Airlangga Buka Suara, Menjelaskan Keberlanjutan Program PSN

Share this content:

58-psn-mandek-menko-airlangga-buka-suara-FyeR4zCC8E Menko Airlangga Buka Suara, Menjelaskan Keberlanjutan Program PSN

Baca Juga:

Menteri Airlangga Hartarto Mengevaluasi 58 Proyek Strategis Nasional yang Mandek

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, memberikan tanggapannya terkait laporan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengenai 58 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang mandek atau belum digarap. Menurutnya, seluruh PSN ini dievaluasi dalam waktu 6 bulan.

Penilaian PSN di Jawa Tengah

Dalam konferensi pers mengenai PSN di Jawa Tengah, Airlangga menyampaikan bahwa evaluasi telah dilakukan terhadap proyek-proyek di Jawa Tengah. Dia menjelaskan bahwa terdapat proyek yang ditargetkan selesai pada tahun 2024.

Kriteria Proyek yang Dilanjutkan

Airlangga menjelaskan bahwa proyek-proyek yang akan dilanjutkan ke depan harus memenuhi dua kriteria. Pertama, proyek tersebut harus memiliki financial closing yang sudah disetujui. Kedua, proyek tidak boleh menggantungkan diri pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dengan kriteria-kriteria tersebut, proyek-proyek tersebut dapat berlanjut.

Pengadaan Tanah Proyek PSN

Menteri Airlangga juga menyebutkan bahwa beberapa proyek merupakan bagian dari kelanjutan pembangunan yang ada saat ini. Salah satu contohnya adalah jalan tol Getaci, yang dibahas dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Namun, jika proyek tersebut baru selesai di Ciamis pada tahun 2024 dan belum terhubung ke Cilacap, maka anggaran untuk proyek tersebut baru akan masuk pada tahun 2025. Anggaran tersebut akan dibahas pada tahun 2024 sesuai dengan siklusnya.

Pertemuan dengan Gubernur Jawa Tengah

Airlangga menjelaskan bahwa pertemuannya hari ini dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memiliki urgensi tersendiri. Urgensi tersebut karena terdapat tiga daerah yang memiliki Peraturan Presiden (Perpres), yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Evaluasi PSN secara keseluruhan telah dilakukan, dan saat ini masih dilakukan evaluasi terhadap proyek-proyek yang akan berakhir pada tahun 2024. Airlangga berharap dapat mendapatkan konfirmasi dari Gubernur mengenai proyek apa yang akan berhenti pada tahun tersebut dan proyek seperti apa yang diperlukan ke depannya.

See also  Hukum Ekonomi Syariah: Dasar-Dasar Hukum Tentang Muamalah Yang Perlu Diketahui

Dengan evaluasi yang dilakukan secara berkala terhadap PSN, pemerintah berharap dapat memastikan kelancaran pembangunan infrastruktur di Indonesia. Menteri Airlangga Hartarto sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian berperan aktif dalam mengawasi dan mengelola proyek-proyek strategis nasional demi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diharapkan dapat mencapai lebih dari 5,5%.

Baca Juga:

Post Comment