Loading Now
×

Pengaruh Positif Turunnya Harga di China terhadap Ekonomi Global

Pengaruh Positif Turunnya Harga di China terhadap Ekonomi Global

Pengaruh Positif Turunnya Harga di China terhadap Ekonomi Global

Share this content:

Deflasi di China telah memicu kegelisahan di pasar keuangan global. Namun, perlambatan ekonomi terbesar kedua di dunia ini juga memiliki dampak positif. Menurut EdenTree Investment Management dan Gama Asset Management SA, deflasi di China kemungkinan akan membantu menurunkan inflasi di banyak negara, terutama karena China merupakan pabrik dunia.

Baca Juga:

Dampak Deflasi di China terhadap Pasar Keuangan Global

Kegelisahan yang timbul akibat deflasi di China mempengaruhi pasar keuangan global. Namun, perlambatan ekonomi China juga memiliki dampak positif. Dalam hal ini, deflasi di China dapat membantu menurunkan inflasi di banyak negara karena China memiliki peran sebagai pabrik dunia. EdenTree Investment Management dan Gama Asset Management SA berpendapat bahwa meredanya inflasi akan memungkinkan bank sentral untuk mengakhiri kenaikan suku bunga atau beralih ke kondisi moneter yang lebih longgar untuk mendorong pertumbuhan.

Manfaat Deflasi di China dalam Menurunkan Inflasi

Menurut Christopher Hiorns, manajer portofolio di EdenTree Investment, melemahnya ekonomi China dapat membantu mengakhiri kebijakan pengetatan moneter dan membantu mengurangi permintaan komoditas. Hal ini akan meredakan tekanan inflasi dan mendukung pertumbuhan ekonomi Barat. Selain itu, inflasi yang meningkat di AS dan negara-negara lain setelah pandemi telah mempengaruhi daya beli konsumen dan mendorong bank sentral untuk menaikkan suku bunga. Namun, China menghadapi tantangan ekonomi yang berbeda dengan Barat, sehingga deflasi dan pertumbuhan yang lambat di China dapat meredam inflasi di seluruh dunia dengan lebih cepat.

See also  IHSG Kembali ke Jalan Koreksi, CYBR Tembuskan ARA di Rp135

Dampak Negatif Lesunya Ekonomi China

Namun, lesunya ekonomi China juga dapat memicu perlambatan di Asia dan Eropa. Rajeev De Mello, manajer portofolio makro global di Gama Asset Management, mengungkapkan bahwa deflasi China memiliki efek positif bagi pemegang obligasi global dan aset pasar berkembang. Meskipun demikian, dampak negatif yang muncul dari perlambatan ekonomi China tidak bisa diabaikan dan dapat membawa konsekuensi bagi wilayah Asia dan Eropa.

Negara_yang_berutang_dengan_China_1 Pengaruh Positif Turunnya Harga di China terhadap Ekonomi Global

Baca Juga:

Post Comment