Loading Now
×

Peningkatan Kesadaran Ideologi Pancasila, Prioritas Utama Bamsoet di Kalangan Pemuda

Peningkatan Kesadaran Ideologi Pancasila, Prioritas Utama Bamsoet di Kalangan Pemuda

Peningkatan Kesadaran Ideologi Pancasila, Prioritas Utama Bamsoet di Kalangan Pemuda

Share this content:

Keberadaan ruang udara dan angkasa sangat berhubungan dengan kebutuhan manusia di bumi. Salah satunya terkait dengan pemanfaatan Geo Stationary Orbit (GSO) yang merupakan sumber daya alam terbatas. GSO hanya ada di atas garis khatulistiwa, dan Indonesia merupakan salah satu negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Oleh karena itu, konstitusi kita harus memuat ketentuan tentang ruang udara dan angkasa untuk digunakan sebesar-besarnya demi kemakmuran rakyat. Hal ini disampaikan oleh Bamsoet dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama HIPAKAD.

Baca Juga:

Keberadaan Ruang Udara dan Angkasa

Keberadaan ruang udara dan angkasa sangat penting bagi kehidupan manusia di bumi. Salah satunya adalah pemanfaatan GSO (geo stationary orbit), yang merupakan sumber daya alam terbatas. GSO hanya bisa ditemukan di atas khatulistiwa, dan Indonesia memiliki garis khatulistiwa yang melalui wilayahnya. Oleh karena itu, konstitusi kita harus mengatur penggunaan ruang udara dan angkasa ini agar dapat memberikan kemakmuran bagi rakyat.

Dukungan Terhadap TNI dan Polri

Bamsoet juga memberikan dukungan kepada TNI dan Polri dalam menangani Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Menurutnya, tidak perlu ragu melanggar HAM dalam menghadapi ancaman ini karena itu merupakan upaya untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara.

Ancaman Non-Fisik terhadap Bangsa Indonesia

Selain KKB, bangsa Indonesia juga menghadapi ancaman non-fisik yang tidak terlihat secara langsung, namun dapat dirasakan dampaknya. Antara lain adalah degradasi moral generasi muda, perilaku koruptif, ketimpangan sosial-ekonomi, tergerusnya nilai-nilai kearifan lokal, dan terpinggirkannya ideologi bangsa.

See also  Kanada Utara Digemparkan oleh Ancaman Kebakaran Hutan, 20.000 Penduduk Yellowknife Dievakuasi karena Cuaca Ekstrem

Degradasi Moral Generasi Muda

Degradasi moral generasi muda terlihat dari peningkatan gaya hidup hedonisme, perilaku seks bebas, dan penyalahgunaan narkoba. Data Indonesia Drugs Report 2022 menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna narkoba adalah kelompok usia muda dan produktif antara 25 sampai 49 tahun.

Perilaku Koruptif

Perilaku koruptif di Indonesia masih banyak terjadi, yang tercermin dari melemahnya indeks persepsi korupsi tahun 2022. Indonesia menduduki peringkat ke-110 dari 180 negara yang disurvei oleh Transparansi Internasional Indonesia. Selama periode 2004 hingga 2022, tercatat 1.351 kasus tindak pidana korupsi yang ditangani KPK.

Ketimpangan Sosial-Ekonomi

Ketimpangan sosial-ekonomi masih menjadi masalah di Indonesia. Majalah Forbes melaporkan bahwa Indonesia masuk dalam 20 negara dengan jumlah miliuner terbanyak, tetapi sekitar 9,36 persen penduduk masih hidup dalam garis kemiskinan. Jika tidak ditangani dengan baik, ketimpangan ini dapat merusak soliditas kebangsaan.

Terpinggirkannya Ideologi Bangsa

Ideologi bangsa, terutama di kalangan generasi muda, juga terpinggirkam. Survei dari Setara Institute dan Forum on Indonesian Development menunjukkan bahwa sekitar 83,3 persen pelajar SMA berpendapat bahwa Pancasila bisa diganti. Selain itu, pengetahuan dasar masyarakat tentang Pancasila juga masih belum optimal, seperti yang terungkap dalam survei dari Komunitas Pancasila Muda dan SMRC.

Tergerusnya Kearifan Lokal

Perkembangan teknologi dan arus globalisasi telah menggelontorkan nilai-nilai asing yang dianggap “lebih maju” dan “modern”, sehingga menggerus nilai-nilai kearifan lokal. Gadget seperti smartphone juga membuat generasi muda cenderung menjadi anti-sosial, sehingga waktu bersama keluarga dan pembelajaran nilai-nilai kearifan lokal terabaikan. Hal ini dapat menyebabkan nilai-nilai kearifan lokal punah.

Bamsoet menegaskan pentingnya memperhatikan dan memperjuangkan ruang udara dan angkasa, serta mengatasi ancaman yang dihadapi oleh bangsa Indonesia baik itu dalam bentuk fisik maupun non-fisik. Dengan pemahaman dan tindakan yang tepat, diharapkan bangsa ini dapat mencapai kemakmuran dan soliditas kebangsaan yang lebih baik.

See also  Polisi Bogor Bentuk Tim Gabungan untuk Mengusut Tuntas Kasus Bayi Tertukar

3c1003a1304d413c81ae412450179d25 Peningkatan Kesadaran Ideologi Pancasila, Prioritas Utama Bamsoet di Kalangan Pemuda

Baca Juga:

Post Comment