Loading Now
×

Perubahan Politik AS: Republik Akan Mendapatkan Kuasa di DPR, Sementara Senat AS Didominasi oleh Demokrat

Perubahan Politik AS: Republik Akan Mendapatkan Kuasa di DPR, Sementara Senat AS Didominasi oleh Demokrat

Perubahan Politik AS: Republik Akan Mendapatkan Kuasa di DPR, Sementara Senat AS Didominasi oleh Demokrat

Share this content:

republik-bakal-kendalikan-dpr-demokrat-kuasai-senat-as_148567 Perubahan Politik AS: Republik Akan Mendapatkan Kuasa di DPR, Sementara Senat AS Didominasi oleh Demokrat

Baca Juga:

Senator Demokrat AS Catherine Cortez Masto Memenangkan Pemilihan Ulang di Nevada

Senator Demokrat AS Catherine Cortez Masto akhirnya memenangkan pemilihan ulang di Nevada, Sabtu (12/11). Kemenangan ini mengukuhkan dominasi Partai Demokrat di Senat AS hingga 2024. Cortez Masto berhasil mengalahkan penantang dari Partai Republik, Adam Laxalt, mantan jaksa agung negara bagian yang didukung oleh mantan Presiden Donald Trump.

Partai Demokrat Menguasai Senat AS

Dengan kemenangan Cortez Masto, Partai Demokrat memperoleh 50 kursi di Senat. Jumlah ini sudah cukup untuk memperkuat kendali Partai Demokrat terhadap institusi ini pada periode 2023 hingga 2024. Selain itu, Wakil Presiden Kamala Harris, yang berasal dari Partai Demokrat, memiliki hak suara dalam majelis beranggotakan 100 orang ini. Dengan kontrol atas Senat, Partai Demokrat dapat menjamin kelancaran kebijakan Presiden Joe Biden.

Kendali Demokrat yang Lebih Kuat

Jika Senator Demokrat Raphael Warnock berhasil memenangkan pemilihan putaran kedua di Georgia melawan penantang dari Partai Republik Herschel Walker, mayoritas Partai Demokrat di Senat bisa diperluas menjadi 51 berbanding 49. Ini akan semakin mengukuhkan kendali Partai Demokrat atas legislatif Amerika Serikat.

Pentingnya Demokrasi

Kemenangan Cortez Masto dan dominasi Partai Demokrat di Senat menunjukkan bahwa Amerika Serikat masih mempercayai demokrasi. Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer, yang berasal dari Partai Demokrat, menyatakan bahwa akar demokrasi di negara tersebut kuat dan utuh.

Konsekuensi Kontrol Senat bagi Presiden Joe Biden

Dengan kontrol atas Senat, Presiden Joe Biden dapat memberikan persetujuan untuk pemilihan hakim federal. Keberhasilan Partai Demokrat dalam menguasai legislatif ini akan memudahkan pelaksanaan kebijakan Presiden Biden. Namun, penting untuk dicatat bahwa di saat yang sama, Partai Republik justru memiliki kendali atas Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat.

See also  Apakah Masyarakat Sudah Memahami Perbedaan Antara Ekonomi Mikro dan Makro?

Fokus Partai Demokrat pada Pemilihan Senat Georgia

Presiden Biden, yang saat ini berada di Kamboja, menyatakan bahwa Partai Demokrat fokus untuk memenangkan pemilihan Senat di Georgia. Namun, ia merasa kurang optimis terkait dominasi Partai Demokrat di DPR. Presiden Biden menyadari bahwa Republik berjanji untuk mengubah kebijakan terkait perubahan iklim dan pemotongan pajak yang telah diterapkan oleh pemerintahan sebelumnya.

Republik Rencanakan Penyelidikan terhadap Pemerintahan Biden

Partai Republik juga berencana melakukan penyelidikan terhadap aktivitas Pemerintahan Biden dan aktivitas bisnis putra presiden yang melibatkan Ukraina dan China. Keberhasilan Partai Demokrat di Senat tidak menjamin bahwa pemerintahan Biden akan lepas dari penyelidikan dan pengawasan oleh Partai Republik.

Dalam kesimpulannya, kemenangan pendukung Partai Demokrat di pemilihan-pemilihan ulang bersama dengan dominasi mereka di Senat mengukuhkan posisi Partai Demokrat dalam menentukan arah kebijakan Amerika Serikat dalam beberapa tahun ke depan. Meski Republik masih menguasai DPR, kepemilikan Senat menjadi aset penting bagi Presiden Joe Biden untuk menjalankan agenda-agendanya.

Baca Juga:

Post Comment

Escape to the enchanting island of bali and immerse yourself in a world of pure bliss at our luxurious spas. Copyright © 2024 rummy nabob. About us spa bali | spa in seminyak | spa in bali.