Loading Now
×

Pesan Kebaikan dan Persatuan Melalui Seragam Relawan Ganjar

Pesan Kebaikan dan Persatuan Melalui Seragam Relawan Ganjar

Pesan Kebaikan dan Persatuan Melalui Seragam Relawan Ganjar

Share this content:

25151b6850f24b49a6be28089bac15c9 Pesan Kebaikan dan Persatuan Melalui Seragam Relawan Ganjar

Baca Juga:

Ganjar Pranowo Memilih Seragam Bermotif Garis-Garis Hitam Putih Vertikal untuk Kampanye Pilpres 2024

Barangkali, meski belum mendeklarasikan siapa calon wakilnya, Ganjar Pranowo adalah calon presiden yang paling siap menyongsong kontestasi Pilpres 2024 mendatang. Setidaknya, Ganjar adalah calon presiden pertama dari tiga tokoh yang sering disebut-sebut sebagai bakal kontestan Pilpres 2024, yang telah memilih dengan tegas seragam kampanyenya. Seragam tersebut adalah kemeja bermotif garis-garis hitam putih vertikal. Konon, kata Ganjar saat mengenalkan seragam itu kepada para pendukungnya, Rabu (19/7/2023) lalu, ide motif seragam tersebut datang dari Presiden Joko Widodo. Saya bukan orang abu-abu, kata Ganjar pada acara yang bertajuk Silaturahmi 1 Muharam 1445H-Relawan Ganjar Pranowo di Wisma Serbaguna Senayan, Jakarta, tersebut.

Filosofi Di Balik Motif dan Warna Seragam Ganjar Pranowo

Itulah tampaknya filosofi dari motif dan warna yang dipilihnya itu. Ganjar mengurai lebih rinci filosofi tersebut saat menyampaikan sambutan untuk dukungan para simpul massa pendukungnya itu. Menurut Ganjar, motif tersebut merepresentasikan ketegasan sikap yang dalam istilahnya menjauhi sikap abu-abu. Tidak hanya itu, garis yang vertikal pun menunjukkan sikap tegak lurus khususnya untuk para relawan. Vertikal adalah simbol keteguhan sikap untuk satu dukungan terhadap satu kandidat pada Pilpres 2024, yaitu Ganjar sendiri.

Multi Interpretasi Seragam Ganjar Pranowo

Tetapi tentu saja itu tafsir dari sisi Ganjar dan pendukungnya untuk motif dan warna tersebut. Karena garis-garis hitam putih khas zebra itu telah ada jauh sebelum Ganjar dan kawan-kawan mendeklarasikannya sebagai seragam mereka, tentu saja motif yang sama pun bisa dianggap memiliki simbol lain oleh kalangan lian. Misalnya, seiring kebangkitan gerakan lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) yang memilih simbol bendera pelangi untuk gerakan mereka, kalangan heteroseksual, terutama mereka yang sengaja bergabung untuk menentang gerakan LGBT, memilih bendera sendiri. Mereka mengganti garis warna bendera pelangi LGBT dengan garis hitam dan putih bergantian. Garis hitam-putih itu tentu mendatar (horizontal).

See also  Keunggulan AS Dalam Teknologi Militer: Rudal Hipersonik AGM-183A Ditembakkan dari Pesawat B-52

Kontroversi Seragam Serupa dengan Seragam Tahanan Yahudi di Kamp Auschwitz

Namun, dalam kasus seragam Ganjar, ada pula kejadian nyata yang melibatkan motif yang serupa dengan seragam mereka. Menurut situs FashionNetwork.com, baru-baru ini label mewah Spanyol, Loewe, telah meminta maaf dan menarik dua jenis pakaian dari penjualan mereka. Kedua jenis pakaian yang dibandrol masing-masing seharga 1.840 dolar AS atau sekitar Rp 27.600.000 pada kurs 15 ribu itu dikritik keras karena mirip dengan seragam yang dikenakan para tahanan Yahudi di kamp konsentrasi Nazi, Kamp Auschwitz. Tidak ada angin apa pun yang menghembus kedua potong pakaian mahal yang juga diiklankan di majalah mode Vogue edisi Inggris itu sebelum akun Instagram Diet Prada yang memiliki lebih dari 1,6 juta pengikut mempersoalkannya. Tidak dapat melihat apa pun kecuali seragam kamp konsentrasi dalam ansambel seharga $1.840 dari kapsul William De Morgan milik Loewe ini, sebuah koleksi yang dimaksudkan untuk menangkap kebebasan berimajinasi [sic], kata Diet Prada dalam postingannya. Di hari yang sama Loewe kontan mengaplod permintaan maaf melalui fitur Stories di akun Instagram-nya, dan menarik koleksi itu.

Pemaknaan Seragam Ganjar Pranowo sebagai Simbol Kaum Tertindas

Tetapi tentu saja hal itu tak harus mengganggu relawan Ganjar. Tidak sebagaimana di Eropa dan AS, urusan Yahudi di sini tak sesensitif itu. Selain bisa dijawab tegas, Kalau memang itu seragam tahanan di kamp konsentrasi Yahudi, lalu apa?, bukankah pemaknaannya sangat tergantung pada sisi relawan sendiri? Kalau, misalnya, relawan Ganjar memaknaikatakanseragam tahanan Yahudi itu sebagai simbol kaum tertindas (the oppressed), bukankah setiap agama pun meminta penganutnya membela dan memerdekakan kaum tertindas? Dari sekian banyak ayat Alquran yang mengharuskan kaum Muslim membela mustadhfin (kaum tertindas), ada ayat ke-177 Surat Al Baqarah ini: Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan ke barat, tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta, dan untuk memerdekakan hamba sahaya, yang melaksanakan salat dan menunaikan zakat, orang-orang yang menepati janji apabila berjanji, dan orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar, dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.

See also  Kapolri Jenderal Listyo Merasa Terenyuh oleh Surat Karel Anak Suku Asmat

Islam sebagai Ajaran Pembebasan dari Penindasan

Intinya, dalam Islam definisi kebajikan (al birri) adalah keterpaduan antara keimanan (transendesi) dengan praksis gerakan. Islam bukan hanya masalah kalkulasi dosa dan pahala. Islam juga bukan sekedar mengiming-imingi manusia dengan surga dan menakut-nakutinya dengan neraka. Islam adalah ajaran rahmat bagi seluruh alam, cara Ilahiyah untuk melakukan transformasi dari zaman penindasan menuju zaman pembebasan. Selain para pemikir Islam seperti Asghar Ali dan Hasan Hanafi sebagai contoh, intelektual Islam Indonesia, alm Kuntowijoyo, percaya bahwa pada dasarnya Islam memiliki perangkat yang cukup untuk melakukan perlawanan terhadap penindasan. Alih-alih hanya menjadikan ritual-ritual agama sebagai tujuan,

Baca Juga:

Post Comment

Copyright © 2024 melbourne international freight company. Our services spa bali | spa in seminyak | spa in bali. See the features of the echelon series and find out which one is the perfect fit for you.