Loading Now
×

Prudential Indonesia dan Prudence Foundation Ajarkan Anak-anak tentang Keselamatan dan Kesiapsiagaan Melalui Modul Pendidikan Aman Bencana

Prudential Indonesia dan Prudence Foundation Ajarkan Anak-anak tentang Keselamatan dan Kesiapsiagaan Melalui Modul Pendidikan Aman Bencana

Prudential Indonesia dan Prudence Foundation Ajarkan Anak-anak tentang Keselamatan dan Kesiapsiagaan Melalui Modul Pendidikan Aman Bencana

Share this content:

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan Prudence Foundation, bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia), mendukung peluncuran dan implementasi Modul Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Komprehensif.

Baca Juga:

Prudential Indonesia dan Prudence Foundation Dukung Peluncuran Modul SPAB Komprehensif

## Mendorong Sekolah Tangguh Terhadap Bencana

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan Prudence Foundation bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) untuk mendukung peluncuran dan implementasi Modul Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Komprehensif. Program ini merupakan bagian dari Program Safe School yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sekolah di Indonesia dalam menghadapi berbagai ancaman bencana dan mempersiapkan pelajar dan guru dalam situasi darurat.

## Implementasi Modul SPAB Komprehensif

Implementasi Modul SPAB Komprehensif ini ditargetkan kepada 144.435 pelajar di 176 SMA, SMK, dan SLB, serta 107.275 pelajar di SD dan SMP di dua provinsi, yaitu DI Yogyakarta dan Bali. Selama 3 tahun, sebanyak 6.823 tenaga pendidik akan dilibatkan dalam proses ini. Modul ini akan membekali para pelajar dan guru dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi berbagai jenis bencana dan ancaman, termasuk bencana alam, ancaman teknologi, bahaya biologis dan kesehatan, konflik dan kekerasan, serta isu sosial seperti perundungan, kekerasan seksual, dan ketidaksetaraan gender.

## Komitmen Prudential dan Prudence Foundation

Chief Human Resources & Community Investment Officer Prudential Syariah Indonesia, Indrijati Rahayoe, menegaskan komitmen Prudential dalam mendukung kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, terutama anak muda. Melalui berbagai inisiatif Community Investment, Prudential percaya bahwa anak-anak muda yang tangguh dapat dimulai dari sekolah yang tangguh. Modul SPAB ini dianggap sebagai investasi jangka panjang yang strategis dalam mempersiapkan para pelajar dan guru dalam menghadapi ketidakpastian yang lebih baik.

See also  China melarang penggunaan iPhone di lembaga negara: Kebijakan baru

## Lingkungan Sekolah yang Aman dan Positif

Direktur Prudence Foundation, Nicole Ngeow, menambahkan bahwa pembangunan sumber daya manusia yang baik dan berdaya saing tinggi perlu didukung oleh lingkungan yang positif dan aman. Keselamatan dan keamanan di sekolah adalah kunci untuk memastikan proses belajar mengajar yang baik. Oleh karena itu, modul ini akan membekali para pelajar dan guru dengan pengetahuan dan keterampilan yang efektif dalam menanggulangi bencana dan kekerasan anak agar mereka dapat berkembang dengan baik.

## Pentingnya Perhatian Terhadap Isu Sehari-hari

Data Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menunjukkan bahwa kasus kekerasan anak meningkat tinggi. Selama tahun 2022, terdapat 4.683 aduan kekerasan anak yang masuk. Hal ini menunjukkan bahwa keamanan anak di sekolah tidak hanya berkaitan dengan mitigasi risiko bencana, melainkan juga dengan isu-isu sehari-hari seperti perundungan, kekerasan seksual, dan ketidaksetaraan gender. Modul SPAB ini akan membantu lingkungan sekolah untuk melindungi anak-anak dari segala risiko dan memungkinkan mereka untuk belajar dalam lingkungan yang aman.

## Distribusi Modul SPAB Komprehensif

Untuk mendukung pemerintah dalam memaksimalkan tindakan preventif terhadap bencana dan kekerasan anak di sekolah, modul ini akan didistribusikan ke seluruh Indonesia melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi dan Kabupaten/Kota. Selain itu, modul ini juga akan diadaptasi dalam bentuk video pembelajaran yang akan diunggah ke platform Merdeka Mengajar yang dikembangkan pemerintah. Dengan demikian, modul ini dapat diakses oleh semua tenaga pendidik yang berjumlah sekitar lima juta orang.

## Tingkat Risiko Bencana di DI Yogyakarta dan Bali

Berdasarkan Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI) tahun 2022, Provinsi DI Yogyakarta dan Bali memiliki tingkat risiko bencana yang sedang. Indeks risiko bencana DI Yogyakarta sebesar 119,56 dan Bali sebesar 123,98. Oleh karena itu, implementasi Modul SPAB ini di dua provinsi ini sangat penting untuk meningkatkan kesiapsiagaan sekolah dalam menghadapi berbagai ancaman bencana.

See also  NASA Ungkap Asteroid 2023 XE12 Akan Melewati Bumi, Pertama Kalinya dalam Sejarah!

db32b575e7b348b193a93dcbd28f15ff Prudential Indonesia dan Prudence Foundation Ajarkan Anak-anak tentang Keselamatan dan Kesiapsiagaan Melalui Modul Pendidikan Aman Bencana

Baca Juga:

Post Comment

What is melbourne international freight company ?. Location spa bali | spa in seminyak | spa in bali. Favorites | terreno homes for sale in naples florida | terreno single family homes.