Loading Now
×

Relawan Ganjar Pranowo Ungkap Potensi Pembibitan Tanaman Buah di Nganjuk untuk Mendukung Perkuat Sektor Pertanian

Relawan Ganjar Pranowo Ungkap Potensi Pembibitan Tanaman Buah di Nganjuk untuk Mendukung Perkuat Sektor Pertanian

Relawan Ganjar Pranowo Ungkap Potensi Pembibitan Tanaman Buah di Nganjuk untuk Mendukung Perkuat Sektor Pertanian

Share this content:

Sebagai negara agraris, Indonesia akan terus memperkuat sektor pertanian sebagai penunjang kebutuhan pangan nasional. Salah satu sektor yang akan diperkuat adalah pertanian tanaman buah-buahan. Kiai Muda Jawa Timur menginisiasi kegiatan Pelatihan Pertanian Pembibitan Tanaman Buah untuk puluhan masyarakat di Nganjuk, Jawa Timur.

Baca Juga:

Pelatihan Pembibitan Tanaman Buah untuk Menggerakan Sektor Ekonomi

Sebagai negara agraris, Indonesia terus memperkuat sektor pertanian sebagai penunjang kebutuhan pangan nasional. Sektor pertanian dipercaya dapat membangkitkan sektor ekonomi karena memberikan kontribusi terbesar pada produk domestik. Selain komoditas seperti padi, jagung, dan sawit yang telah populer, sektor tanaman buah juga terus diperkuat.

Inisiasi Pelatihan Pertanian Pembibitan Tanaman Buah

Kiai Muda Jawa Timur menginisiasi kegiatan pelatihan pertanian pembibitan tanaman buah untuk puluhan masyarakat di Majelis Taklim Al Azib, Pulorejo, Kedungrejo, Kecamatan Tanjunganom, Nganjuk, Jawa Timur. Koordinator Wilayah Kiai Muda Jawa Timur, Gus Ali Baidlowi, menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan karena Kabupaten Nganjuk memiliki potensi yang besar dalam menggerakan sektor ekonomi melalui pertanian tanaman buah.

Meningkatkan Potensi dan Ekspor Komoditas Buah

Pemberian edukasi tentang tanaman hortikultura ini didorong oleh Ali agar wilayah tersebut dapat menjadi sentra komoditas buah-buahan. Gus Ali Baidlowi mendorong wilayah tersebut untuk menghasilkan buah-buah berkualitas yang dapat menjadi komoditas unggulan di Kabupaten Nganjuk, bahkan bisa diekspor untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Dorongan untuk Mengoptimalkan Potensi Hortikultura

Ali mengakui bahwa potensi yang dimiliki di wilayah Nganjuk sudah cukup besar. Oleh karena itu, diperlukan dorongan baik secara moral maupun bantuan langsung agar potensi tersebut dapat dioptimalkan. Ali juga berharap agar lebih banyak masyarakat yang terlibat dalam pertanian hortikultura tersebut dengan memberikan motivasi dan determinasi yang lebih.

See also  Wamenag Ajak Akademisi Mempromosikan Ekonomi Syariah ke Tingkat Internasional

Respons Positif Dari Masyarakat

Ali mengaku mendapatkan tanggapan positif dari warga selama proses konsolidasi. Mayoritas masyarakat sudah memiliki ketertarikan dengan sosok Ganjar Pranowo. Ali mengakhiri pernyataannya dengan mengatakan bahwa respons tersebut sangat positif, terutama karena mereka antusias untuk belajar dan mendukung Ganjar Pranowo.

Kolaborasi dengan Masyarakat dan Bantuan Bibit Tanaman Buah

Selain memberikan materi edukasi, Kiai Muda Jawa Timur juga memberikan bantuan bibit tanaman buah seperti alpukat, mangga, blimbing, durian, dan nangka. Salah seorang tokoh petani di Desa Kedungrejo, Bagus Tunggal, mengapresiasi kolaborasi dan perhatian tersebut. Ia berharap bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan minat masyarakat untuk terlibat aktif dalam budi daya tanaman hortikultura.

Potensi Pertanian Hortikultura di Nganjuk

Bagus menilai bahwa potensi wilayah Nganjuk cukup besar, terlihat dari banyaknya petani yang dapat terlibat dan luasnya lahan yang dapat dikembangkan. Meski demikian, ia mengatakan bahwa penjualan produk pertanian belakangan ini mengalami penurunan yang drastis. Dengan kedatangan Kiai Muda Jawa Timur, Bagus berharap dapat memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan pertanian hortikultura di Nganjuk. Ia juga memohon dukungan dan pendampingan agar semua berjalan dengan baik.

perkuat-sektor-pertanian-relawan-ganjar-pranowo-edukasi-pembibitan-tanaman-buah-di-nganjuk-Mlu7t0RA4W Relawan Ganjar Pranowo Ungkap Potensi Pembibitan Tanaman Buah di Nganjuk untuk Mendukung Perkuat Sektor Pertanian

Baca Juga:

Post Comment

Yoga teacher training in bali. Copyright © 2024 rummy nabob. About us spa bali | spa in seminyak | spa in bali.