Loading Now
×

Sempit Namun Bersejarah, Ternyata Ada 5 Negara Terkecil di Dunia yang Patut Dikunjungi!

Sempit Namun Bersejarah, Ternyata Ada 5 Negara Terkecil di Dunia yang Patut Dikunjungi!

Sempit Namun Bersejarah, Ternyata Ada 5 Negara Terkecil di Dunia yang Patut Dikunjungi!

Share this content:

Ada beberapa wilayah di dunia yang memiliki negara dengan luas wilayah terkecil. Luasnya bahkan tidak sampai 1 kilometer (km) persegi. Berikut daftar negara-negara dengan luas wilayah terkecil di dunia.

Baca Juga:

Negara Terkecil di Dunia

Negara terkecil di dunia ternyata ada di beberapa wilayah. Bahkan, salah satunya memiliki luas yang tidak sampai 1 kilometer (km) persegi. Apa saja daftarnya? Simak di sini informasinya.

Vatikan

Negara pertama yang memiliki luas wilayah terkecil adalah Vatikan, dengan luas wilayah hanya sebesar 0,49 km persegi. Vatikan dikelilingi oleh Roma, Ibu Kota Italia. Populasi Vatikan juga sedikit, yaitu kurang dari setengah juta penduduk. Di tahun 2022, Vatikan memiliki jumlah penduduk 825 orang. Vatikan merupakan rumah bagi kantor pusat Gereja Katolik Roma, rumah bagi Paus, serta Basilika Santo Petrus. Uniknya, Vatikan tidak memiliki warga negara tetap dan memberikan kewarganegaraan hanya kepada mereka yang bekerja di sana.

Monako

Monako menjadi negara kedua di dunia yang memiliki luas wilayah terkecil. Total wilayah yang dimiliki Monako adalah 2,02 km persegi. Monako berbatasan langsung dengan Prancis di tiga sisi dan satu sisi berbatasan dengan Laut Tengah. Meskipun merupakan negara terkecil di dunia, Monako ditinggali oleh para jutawan dan miliarder. Perekonomian di Monako sangat bergantung pada pariwisata dan kasino. Pada tahun 2022, jumlah penduduk Monako sebanyak 36.469 jiwa.

Nauru

Di posisi ketiga negara terkecil di dunia terdapat Nauru. Terletak di sebelah timur Australia, luas wilayah Nauru sebesar 21 km persegi. Pada 2022, Nauru memiliki jumlah penduduk sebanyak 12.668 jiwa. Nauru merupakan negara republik merdeka dan menjadi satu-satunya negara tanpa ibu kota resmi. Pulau ini dikenal sebagai pulau yang menawarkan sesuatu yang menyenangkan. Namun, Nauru juga menghadapi masalah penderita obesitas dan diabetes tipe 2 yang tinggi. Pendapatan negara bergantung pada pemberian izin penangkapan ikan serta penampungan pengungsi dan pencari suaka.

See also  Bulgaria Terima Kiriman Kendaraan Lapis Baja dari AS senilai Rp 22,8 Triliun

Tuvalu

Selanjutnya, ada Tuvalu yang juga termasuk dalam daftar negara dengan luas wilayah terkecil di dunia. Luas wilayah Tuvalu hanya sebesar 26 km persegi. Jumlah penduduk yang dimiliki oleh Tuvalu saat ini sebanyak 11.204 jiwa. Tuvalu merupakan negara kepulauan Polinesia yang terletak di Samudra Pasifik, Timur Laut Australia. Perekonomian Tuvalu hanya bergantung pada pendapatan dari biaya lisensi penangkapan ikan, pengiriman uang ke luar negeri, dividen dari Dana Perwalian Tuvalu, dan pendapatan dari sewa ekstensi internet dot tv.

San Marino

Negara terkecil di dunia terakhir adalah San Marino atau yang dikenal juga dengan The Most Serene Republic of San Marino. San Marino merupakan negara berdaulat tertua yang masih ada di dunia. Meskipun memiliki wilayah yang kecil, San Marino mempunyai nilai Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita tertinggi di Eropa. Luas wilayah San Marino sebesar 61 km persegi. San Marino dikelilingi oleh negara Italia, di perbatasan antara wilayah dari Emilia Romagna dan Marche. Topografinya yang berupa bukit, merupakan bagian dari Pegunungan Apennina.

Demikianlah daftar negara terkecil di dunia. Seperti apa pendapatmu?

vatikan_negara_terkecil_di_dunia Sempit Namun Bersejarah, Ternyata Ada 5 Negara Terkecil di Dunia yang Patut Dikunjungi!

Baca Juga:

Post Comment