Loading Now
×

Serangan Siber Peretas Korea Utara Menguras Rp30,5 Triliun dalam Kripto

Serangan Siber Peretas Korea Utara Menguras Rp30,5 Triliun dalam Kripto

Serangan Siber Peretas Korea Utara Menguras Rp30,5 Triliun dalam Kripto

Share this content:

Para peretas asal Korea Utara terus mengancam ekosistem mata uang kripto setelah berhasil mencuri sekitar US$2 miliar (Rp30,5 triliun) selama lima tahun terakhir. Dilansir dari Cointelegraph, firma intelijen blockchain TRM Labs telah merilis analisis terbarunya tentang dunia gelap peretasan kripto yang menyoroti serangan siber yang dilakukan oleh banyak peretas asal Korea Utara.

Baca Juga:

Ancaman Peretasan Kripto dari Korea Utara

Para peretas asal Korea Utara terus mengancam ekosistem mata uang kripto setelah berhasil mencuri sekitar US$2 miliar (Rp30,5 triliun) dalam lima tahun terakhir. Firma intelijen blockchain TRM Labs baru-baru ini merilis analisis yang menyoroti serangan siber yang dilakukan oleh peretas dari Korea Utara. Data dari TRM Labs menunjukkan bahwa jumlah kripto yang telah dicuri oleh Korea Utara pada tahun 2023 mencapai US$200 juta (Rp3,05 triliun), menyumbang 20% dari total pencurian kripto selama tahun tersebut. Serangan siber yang dilakukan oleh peretas Korea Utara diperkirakan 10 kali lebih besar daripada serangan dari peretas negara lain.

Perhatian pada Ekosistem Keuangan Terdesentralisasi (DeFi)

Para peretas asal Korea Utara telah mengarahkan perhatian mereka pada ekosistem keuangan terdesentralisasi (DeFi), terutama jembatan lintas-rantai yang mengelola volume transfer kripto yang besar. Pencurian kripto senilai US$650 juta (Rp9,93 triliun) telah dilakukan melalui peretasan lintas-rantai seperti peretasan Axie Infinity Ronin. Selain itu, terdapat laporan bahwa para peretas asal Korea Utara mencuri sekitar US$800 juta (Rp12,2 triliun) dalam tiga serangan terpisah pada tahun 2022.

Metode Serangan Siber yang Digunakan

Para peretas asal Korea Utara menggunakan berbagai metode untuk melancarkan serangan siber, termasuk serangan phishing dan serangan rantai pasokan dengan memanfaatkan kata sandi yang telah terkompromi. TRM Labs mencatat bahwa para peretas tersebut juga telah menjadi lebih canggih dalam metode pencucian on-chain. Mereka tidak hanya menggunakan bursa kripto untuk menukar kripto hasil curian menjadi uang fiat, namun juga melibatkan “proses pencucian uang multi-tahap” yang sangat kompleks. Hal ini sebagai respons terhadap sanksi yang diberlakukan oleh Kantor Pengendalian Aset Asing, operasi penegakan hukum, dan kemajuan dalam alat pelacakan blockchain.

See also  Tantangan Generasi Muda dalam Menghadapi Inti Masalah Ekonomi

Studi Kasus: Peretasan Atomic Wallet

Sebagai contoh metode penyamaran yang digunakan oleh para peretas dari Korea Utara, TRM Labs membeberkan serangan yang terjadi pada tahun 2023 terhadap penyedia dompet non-custodial Atomic Wallet. Pada Juni 2023, para peretas berhasil mencuri kripto senilai US$100 juta (Rp1,52 triliun) dari 4.100 alamat rekening. Serangan phishing diduga menjadi penyebab utama terjadinya pencurian ini. Para peretas menguras dompet pengguna di berbagai jenis kripto seperti Ethereum, Tron, Bitcoin, XRP, Dogecoin, Stellar, dan Litecoin. Setelah itu, mereka mengirim dana yang dicuri ke dompet baru. Token ERC-20 dan TRC-20 ditukar dengan Ether (ETH) dan Tron (TRX) menggunakan bursa terdesentralisasi sebelum dilakukan pencampuran dan pertukaran lintas-rantai.

Dengan adanya ancaman terus-menerus dari para peretas asal Korea Utara, penting bagi para pengguna kripto untuk selalu meningkatkan keamanan dan waspada terhadap serangan siber. Perusahaan dan penyedia layanan kripto juga perlu terus mengembangkan langkah-langkah keamanan yang lebih kuat guna melindungi ekosistem mata uang kripto dari ancaman ini.

d488db776fa44b46a7202b555ce480f2 Serangan Siber Peretas Korea Utara Menguras Rp30,5 Triliun dalam Kripto

Baca Juga:

Post Comment

Escape to the enchanting island of bali and immerse yourself in a world of pure bliss at our luxurious spas. Become a part of the vibrant rummy community and start your journey to becoming a rummy nabob today !. Location spa bali | spa in seminyak | spa in bali.