Loading Now
×

Teknik Dasar Bola Voli Paling Efektif untuk Meningkatkan Keterampilanmu

Teknik Dasar Bola Voli Paling Efektif untuk Meningkatkan Keterampilanmu

Teknik Dasar Bola Voli Paling Efektif untuk Meningkatkan Keterampilanmu

Share this content:

Sejarah Bola Voli
Bola voli pertama kali ditemukan oleh William George Morgan pada tahun 1985 di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat. Dia memadukan beberapa olahraga bola seperti bisbol, tenis, basket, dan bola tangan untuk menciptakan olahraga baru yang disebut mintonette. Pada tahun 1896, mintonette berubah nama menjadi bola voli. Di Eropa, voli menjadi sangat populer hingga muncul federasi nasional di beberapa negara Eropa. Di Indonesia, bola voli pertama kali dipertandingkan pada tahun 1951 saat Pekan Olahraga Nasional (PON) II di Jakarta.

Baca Juga:

Pengertian Bola Voli

Bola voli adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang dipisahkan oleh net. Setiap tim terdiri dari enam pemain yang berada di lapangan. Tujuan permainan bola voli adalah melewatkan bola di atas net dan menjatuhkannya di area lawan untuk mendapatkan poin.

Sejarah Bola Voli

Bola voli diciptakan oleh William George Morgan di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat pada tahun 1895. Morgan memadukan beberapa olahraga menggunakan bola, seperti bisbol, tenis, basket, dan bola tangan, dan akhirnya menemukan olahraga mintonette yang kemudian berubah nama menjadi bola voli. Bola voli menjadi populer di Eropa dan mendirikan federasi nasional di negara-negara Eropa. Pada tahun 1947, dibentuk juga induk organisasi bola voli dunia yang disebut FIVB. Di Indonesia, bola voli pertama kali dipertandingkan pada tahun 1951 saat PON II di Jakarta.

Teknik Dasar Bola Voli

Bola voli memiliki beberapa teknik dasar permainan, antara lain:

– Servis: pukulan permulaan untuk memulai reli dalam pertandingan. Terdapat empat jenis servis, yaitu servis lompat, servis bawah, servis atas, dan servis samping.
– Passing: memberikan umpan kepada rekan setim atau mengarahkan bola ke area lawan. Terdapat dua jenis passing, yaitu passing atas dan passing bawah.
– Smash: menyerang pertahanan lawan dengan pukulan keras agar bola menyentuh area permainan lawan. Terdapat lima jenis pukulan smash yang bisa dipilih.
– Blocking: menahan serangan lawan, khususnya smash agar bola tidak melewati net. Hanya bisa dilakukan oleh pemain yang berada di area depan garis serang.

See also  Bima Sakti Bersiap Membuktikan Bakatnya di TC Timnas U-17 di Jerman

Peraturan Bola Voli

Beberapa peraturan permainan bola voli yang harus diketahui, antara lain:

– Bola harus terbuat dari kulit lunak atau sintetis, berbentuk bulat dengan diameter 65-67 cm dan massa 260-280 gr. Bola dipantulkan dengan kepala, tangan, atau kaki. Bola dianggap keluar jika menyentuh bagian luar permukaan lapangan.
– Bola voli dimainkan oleh enam orang, dengan pemain libero yang diperbolehkan keluar masuk. Pergantian pemain bisa dilakukan tanpa batasan.
– Pemain tidak boleh menyentuh net atau melewati batas tengah lapangan. Servis harus dilakukan dari luar lapangan dan tidak boleh melewati atau menginjak garis lapangan.
– Pertandingan bola voli berlangsung lima babak dengan skor maksimal 25. Jika perolehan poin sama kuat, diberlakukan deuce, yaitu penambahan dua poin hingga ada pemenang.
– Ukuran lapangan permainan bola voli adalah panjang 18 m x lebar 9 m. Tinggi net putra adalah 2,43 meter, sedangkan net putri adalah 2,24 meter. Lebar net adalah 1 meter.

Semoga ulasan pengertian bola voli, sejarah, teknik dasar, dan peraturan permainannya ini dapat menjadi referensi bagi pecinta olahraga voli.

ant_timnas_voli_putri___1_ Teknik Dasar Bola Voli Paling Efektif untuk Meningkatkan Keterampilanmu

Baca Juga:

Post Comment

What is the transit time for shipments with melbourne international freight company ?. About us spa bali | spa in seminyak | spa in bali.