Loading Now
×

Terinspirasi oleh PM Modi, Masyarakat Manipur Bertekad Melawan Pelecehan Seksual

Terinspirasi oleh PM Modi, Masyarakat Manipur Bertekad Melawan Pelecehan Seksual

Terinspirasi oleh PM Modi, Masyarakat Manipur Bertekad Melawan Pelecehan Seksual

Share this content:

11c7cd4d0c454eecb39c3ecd92b16523 Terinspirasi oleh PM Modi, Masyarakat Manipur Bertekad Melawan Pelecehan Seksual

Baca Juga:

Perdana Menteri India Memprotes Pelecehan Seksual terhadap Perempuan di Manipur

Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi, mengutarakan kecaman terhadap dugaan pelecehan seksual yang terjadi terhadap perempuan di negara bagian Manipur. Menurutnya, hal tersebut merupakan tindakan yang memalukan dan tidak bisa dibiarkan begitu saja. Modi meminta kepala pemerintah negara bagian untuk memastikan keselamatan perempuan dalam wilayah mereka.

Video Menunjukkan Perempuan yang Diduga Mengalami Pelecehan

Sebuah video yang beredar di media sosial menampilkan dua perempuan yang diduga menjadi korban pelecehan di jalan di Manipur. Beberapa warga setempat juga menyebut bahwa kedua perempuan tersebut telah menjadi korban pemerkosaan oleh sekelompok orang. Modi menegaskan bahwa peristiwa tersebut akan diselidiki dengan tuntas dan hukum akan ditegakkan secara penuh.

“Saya menjamin hukum akan dijalankan dengan sepenuhnya. Apa yang terjadi pada putri-putri Manipur tidak akan pernah diampuni,” ujar Modi seperti dikutip dari Reuters pada Jumat, 21 Juli 2023. Modi juga menyatakan bahwa insiden tersebut telah memenuhi hatinya dengan kesedihan dan kemarahan, dan setiap masyarakat sipil harus merasa malu atas kejadian tersebut.

Penangkapan Pertama Telah Dilakukan

Keadaan di Manipur semakin suram sejak terjadi bentrokan antara kelompok etnis pada awal bulan Mei lalu. Lebih dari 80 orang telah tewas dan lebih dari 40.000 orang terpaksa mengungsi dari rumah mereka. Kepala Menteri Manipur, Biren Singh, mengumumkan bahwa polisi negara bagian telah melakukan penangkapan pertama terkait kasus pelecehan tersebut. Namun, belum disebutkan berapa banyak orang yang telah ditangkap.

See also  Dentuman Misterius Menggemparkan Masyarakat, Apa Sebabnya?

Singh juga menegaskan bahwa penyelidikan sedang berlangsung dengan serius dan tindakan tegas akan diambil terhadap semua pelaku, termasuk mempertimbangkan kemungkinan hukuman mati. Belum ada keterangan lebih lanjut mengenai proses penangkapan dan pengadilan bagi pelaku yang telah ditangkap.

Reaksi dari Pengadilan Tertinggi India

Pengadilan tertinggi India juga menunjukkan kekhawatirannya terhadap kejadian ini. Mereka meminta pemerintah untuk memberikan informasi mengenai langkah-langkah yang diambil untuk mencegah terulangnya kejadian serupa. Ketua Mahkamah Agung India, D.Y. Chandrachud, menyatakan bahwa hal ini tidak dapat diterima dalam sebuah demokrasi konstitusional.

Dengan adanya protes dan kecaman dari berbagai pihak, diharapkan kasus pelecehan seksual terhadap perempuan di Manipur dapat ditangani secara serius oleh pihak berwenang. Keamanan dan keselamatan perempuan harus diutamakan, dan pelaku kejahatan harus mendapatkan hukuman yang setimpal. Semoga kejadian seperti ini tidak terulang di masa mendatang.

Baca Juga:

Post Comment