Loading Now
×

TNI Melakukan Kerjasama Internasional untuk Memerangi Mafia TPPO dan Kegiatan Ilegal Antar Negara

TNI Melakukan Kerjasama Internasional untuk Memerangi Mafia TPPO dan Kegiatan Ilegal Antar Negara

TNI Melakukan Kerjasama Internasional untuk Memerangi Mafia TPPO dan Kegiatan Ilegal Antar Negara

Share this content:

TNI telah memutuskan untuk melakukan perang terhadap segala macam Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan kegiatan ilegal yang melewati tapal batas negara, baik darat maupun laut. Selama bulan Juli 2023, TNI telah berhasil menggagalkan sejumlah kasus TPPO, penyelundupan, illegal entry/exit, dan kegiatan ilegal lainnya melalui wilayah perbatasan RI-Malaysia.

Baca Juga:

TNI Mendeklarasikan Perang Terhadap TPPO dan Kegiatan Ilegal di Wilayah Perbatasan

TNI menyatakan perang terhadap segala bentuk Tindak Pidana Perdagangan Organ (TPPO) dan kegiatan ilegal yang melewati batas negara, baik darat maupun laut. Selama bulan Juli 2023, TNI berhasil menggagalkan sejumlah kasus TPPO, penyelundupan, illegal entry/exit, dan kegiatan ilegal lainnya melalui wilayah perbatasan RI-Malaysia.

Penangkapan Korban TPPO dan Penyelundupan oleh TNI

Kapuspen TNI, Laksda TNI Julius Widjojono, menyatakan bahwa aparat keamanan (Satgas TNI) telah menggagalkan keberangkatan seorang korban TPPO yang hendak menuju Malaysia pada tanggal 12 Juli 2023 di Pelabuhan Malundung Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Korban TPPO tersebut kemudian diserahkan ke Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Nunukan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pada tanggal yang sama, di Kabupaten Nunukan, TNI juga menggagalkan penyelundupan 30 kardus daging olahan merk Alana asal Malaysia di jalur perlintasan tidak resmi di Dusun Bulan-bulan, Kecamatan Lumbis, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Barang bukti berupa daging olahan tersebut telah diserahkan ke Polres Lumbis dan dilakukan pemusnahan dengan cara dibakar.

Penangkapan Pekerja Migran Ilegal dan Pelaku Penyelundupan oleh TNI

Pada tanggal 16 Juli 2023, di Pelabuhan Saleh, Kota Dumai, Riau, aparat keamanan gabungan (Satgas TNI, Tim KN Belut Laut 406 dari Bakamla RI, dan Unit Intel Kodim 0320/Dumai) berhasil mengamankan 8 orang Pekerja Migran Ilegal (PMI) Non Prosedural yang datang dari Malaysia. Kedelapan PMI tersebut kemudian diserahkan kepada Koordinator Pos Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (P4MI) Kota Dumai untuk pemeriksaan lebih lanjut.

See also  Pendaftaran PPPK 39 Formasi oleh Kemenko Perekonomian Sudah Buka, Simak Persyaratannya!

Pada tanggal 21 Juli 2023, di Sungai Makeruh Dusun Makeruh, Kota Dumai, aparat keamanan (Satgas TNI bersama Tim UPH Bakamla RI, Satreskrim Polres Bengkalis, dan Unit Inteldam 0320/Dumai) berhasil mengamankan 2 orang terduga pelaku penyelundupan 8 orang PMI Non Prosedural dari Malaysia atas nama Misran dan Wahab. Kedua pelaku dan barang bukti berupa 2 unit speedboat merk Mercury mesin 60 PK diserahkan dan diamankan di Pos Polairud Rupat.

Penangkapan Illegal Entry di Perbatasan Darat RI-RDTL

Selain kasus TPPO, pada bulan Juli 2023 juga terjadi penangkapan tiga kasus Illegal Entry di wilayah perbatasan darat RI-RDTL di Provinsi NTT. Kasus pertama terjadi pada tanggal 13 Juli 2023 di jalur pelintasan tidak resmi di sungai Malibaka Hutan Larangan, Ds. Lamaksanulu, Kec. Lamaknen, Kab. Belu NTT, yang mengamankan 2 orang WN RDTL.

Kasus kedua terjadi pada tanggal 17 Juli 2023 di pinggir sungai Zoi Molis di Ds. Lakus dan Ds. Kewar, Kec. Lamaknen, Kab. Belu NTT, yang mengamankan 3 orang WN RDTL. Kasus ketiga terjadi pada tanggal 19 Juli 2023 di Ds. Napan, Kec. Bikomi Utara, Kab. TTU, NTT, yang mengamankan 2 orang WN RDTL.

Peran TNI dalam Mengamankan Pelabuhan dan Perbatasan Laut

Pada tanggal 15 Juli 2023, di atas kapal penumpang KM Barcelona IIIA pelayaran dari Tahuna tujuan Manado, TNI berhasil menemukan sejumlah BBM bersubsidi jenis minyak tanah. Ditemukannya upaya penyelundupan BBM tersebut menunjukkan bahwa pelabuhan di wilayah perbatasan laut RI-Filipina rawan terhadap penyelundupan BBM bersubsidi. Pelabuhan di wilayah Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Kalimantan Utara yang berhubungan langsung dengan perbatasan laut Singapura dengan Malaysia juga rawan terhadap pelanggaran hukum.

See also  Berpikir Jangka Panjang: Makna Pentingnya Penerapan Ilmu Ekonomi Manajerial di Perusahaan

TNI berharap aparat penegak hukum dapat lebih tanggap dan cerdas dalam memutus modus-modus kejahatan para pelaku. Kondisi ini berpotensi memungkinkan masuknya jaringan radikal/teroris, penyelundupan senjata api, narkoba, serta barang terlarang dan berbahaya lainnya yang dapat mengganggu stabilitas keamanan nasional.

tni-tegaskan-komitmen-untuk-memerangi-mafia-tppo-dan-kegiatan-ilegal-antarnegara-ifmUOfdS1z TNI Melakukan Kerjasama Internasional untuk Memerangi Mafia TPPO dan Kegiatan Ilegal Antar Negara

Baca Juga:

Post Comment

Melbourne international freight company offers sea freight services for both import and export shipments. About us spa bali | spa in seminyak | spa in bali. Pulte homes new construction naples florida.