Loading Now
×

Tom Lembong Melempar Tantangan pada Luhut Cs, Diungkap: 8 Negara dengan Cadangan Nikel Terbesar di Dunia yang Menarik untuk Diketahui

Tom Lembong Melempar Tantangan pada Luhut Cs, Diungkap: 8 Negara dengan Cadangan Nikel Terbesar di Dunia yang Menarik untuk Diketahui

Tom Lembong Melempar Tantangan pada Luhut Cs, Diungkap: 8 Negara dengan Cadangan Nikel Terbesar di Dunia yang Menarik untuk Diketahui

Share this content:

# Indonesia – Negara Penyumbang Cadangan Nikel Terbesar di Dunia

Baca Juga:

Jadi Topik Panas Luhut Cs vs Tom Lembong, Ini 8 Negara dengan Cadangan Nikel Terbesar di Dunia

# Indonesia – Negara Penyumbang Cadangan Nikel Terbesar di Dunia

Indonesia, sebagai salah satu produsen utama nikel di dunia, menjadi topik panas dalam perdebatan antara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dengan ekonom Tom Lembong. Keduanya telah berdebat tentang industri nikel nasional dan kebijakan impor bahan baku nikel. Namun, penting untuk melihat bahwa Indonesia bukan hanya pengekspor terbesar, tetapi juga memiliki satu dari cadangan nikel terbesar di dunia.

Selain Indonesia, berikut adalah delapan negara lain yang memiliki cadangan nikel terbesar di dunia:

# 1. Filipina

Filipina, dengan 330 juta ton cadangan nikel, menempati posisi kedua sebagai penyumbang terbesar setelah Indonesia. Meskipun produksinya belum sebanding dengan Indonesia, Filipina memiliki potensi besar dalam meningkatkan produksi nikel.

# 2. Rusia

Rusia juga merupakan salah satu negara dengan kekayaan cadangan nikel yang signifikan. Negara ini memiliki 250 juta ton cadangan nikel, menjadikannya salah satu produsen utama dan eksportir nikel di dunia.

# 3. Australia

Australia dikenal dengan sumber daya alamnya yang melimpah, dan sektor nikel tidak terkecuali. Dengan 190 juta ton cadangan nikel, Australia menjadi salah satu pemain kunci dalam industri ini.

# 4. Kanada

Kanada memiliki cadangan nikel sebesar 180 juta ton. Negara ini menjadi produsen terkenal dan menjadikan nikel sebagai salah satu komoditas ekspor utama.

See also  Fuji Pilih Tas Lokal Harga Terjangkau Sebagai Pendukung UMKM

# 5. Brasil

Brasil, dengan 75 juta ton cadangan nikel, juga termasuk dalam daftar negara dengan cadangan terbesar di dunia. Potensi nikel di Brasil terus berkembang, dengan lebih banyak perusahaan yang berinvestasi dalam pengembangan industri ini.

# 6. Kuba

Selain menjadi produsen gula terbesar di dunia, Kuba juga memiliki potensi yang cukup besar dalam sektor nikel. Dengan cadangan sebesar 65 juta ton, Kuba menjadi salah satu pemain utama dalam industri ini.

# 7. Republik Dominika

Republik Dominika memiliki cadangan nikel sebesar 60 juta ton. Meskipun jumlahnya lebih kecil dibandingkan dengan negara-negara lain dalam daftar ini, potensi pengembangan dan produksi nikel di negara ini tetap signifikan.

# 8. China

China, sebagai konsumen terbesar nikel di dunia, juga memiliki cadangan nikel yang cukup besar. Negara ini memiliki 55 juta ton cadangan nikel. Namun, China lebih bergantung pada impor untuk memenuhi kebutuhan nikelnya.

Melihat daftar ini, jelas bahwa Indonesia masih menjadi pemain utama dalam industri nikel global. Meskipun perdebatan mengenai kebijakan industri nikel nasional terus berlanjut, penting untuk mempertahankan peran Indonesia dalam pasar internasional ini dan meningkatkan produksi serta pengembangan industri nikel nasional.

1212554_720 Tom Lembong Melempar Tantangan pada Luhut Cs, Diungkap: 8 Negara dengan Cadangan Nikel Terbesar di Dunia yang Menarik untuk Diketahui

Baca Juga:

Post Comment