Loading Now
×

Valuasi Aset Vietnam Sentuh Angka Rp593 Triliun, Melebihi Harta Pemilik Mobil Listrik

Valuasi Aset Vietnam Sentuh Angka Rp593 Triliun, Melebihi Harta Pemilik Mobil Listrik

Valuasi Aset Vietnam Sentuh Angka Rp593 Triliun, Melebihi Harta Pemilik Mobil Listrik

Share this content:

Valuasi perusahaan rintisan kendaraan listrik asal Vietnam, VinFast, melebihi valuasi dari perusahaan-perusahaan mobil terbesar di kota Detroit. Saham perusahaan ini naik secara signifikan pada hari perdagangan perdana.

Baca Juga:

Perusahaan Rintisan Kendaraan Listrik VinFast Melebihi Valuasi Perusahaan Mobil Detroit

Valuasi perusahaan rintisan kendaraan listrik Vietnam, VinFast, telah melampaui valuasi perusahaan-perusahaan mobil tiga besar di Detroit setelah saham perusahaan yang sempat merugi ini melonjak pada hari perdagangan perdana. VinFast ditutup pada harga USD37,06 di New York pada hari Selasa, jauh di atas harga USD10 yang disepakati ketika produsen mobil ini bergabung dengan perusahaan akuisisi tujuan khusus untuk mendapatkan pencatatan di pasar saham.

Kapitalisasi Pasar VinFast Jauh Lebih Tinggi dari Perusahaan Mobil Detroit

Kapitalisasi pasarnya mencapai USD85 miliar, setidaknya USD27 miliar lebih tinggi daripada Ford, General Motors, atau pemilik Fiat Chrysler, Stellantis. Miliarder pendiri VinFast, Pham Nhat Vuong, memiliki sekitar 99% saham, dan hanya menyisakan sedikit saham yang dapat diperdagangkan. Hanya 1,3 juta saham Spac yang dapat diperdagangkan setelah penukaran sebelumnya dan hanya USD185 juta saham yang berpindah tangan, menurut para analis.

VinFast Melampaui Start-up EV Lainnya dalam Debut Pasar

Debut pasar perusahaan berusia enam tahun ini terjadi setelah perusahaan start up EV lain yang terdaftar melalui Spacs di AS, termasuk Lordstown Motors dan Faraday Future, kesulitan untuk mengumpulkan lebih banyak uang tunai dan dalam beberapa kasus untuk mengirimkan kendaraan. Banyak dari perusahaan-perusahaan ini kurang siap, kata kepala eksekutif VinFast, Le Thi Thu Thuy, dalam sebuah wawancara.

See also  Tanggapan Shin Tae-yong Setelah Memenangkan Pertandingan Melawan Thailand

VinFast Siap dan Menguntungkan di Masa Depan

“Kami mulai memproduksi kendaraan lima tahun yang lalu, kami memiliki 20.000 mobil listrik di jalan. Kami telah melakukan setiap langkah mulai dari pengembangan produk hingga rantai pasokan,” kata Thuy, dikutip dari Financial Times, Kamis (17/8/2023). “VinFast akan menguntungkan dalam beberapa tahun ke depan dan sudah mencapai titik impas,” imbuhnya.

VinFast Fokus pada Kendaraan Listrik untuk Ekspansi Internasional

Produsen mobil ini, sebuah unit dari konglomerat swasta terbesar di Vietnam, Vingroup, telah berjuang untuk mendapatkan daya tarik di AS, sebuah pasar yang sangat penting untuk ekspansi internasionalnya. VinFast berhenti membuat mobil bertenaga bensin dan fokus pada kendaraan listrik sebagai bagian dari upaya globalnya untuk mengikuti jejak perusahaan-perusahaan sejenis di AS dan Tiongkok, termasuk Tesla dan BYD. VinFast mendirikan jaringan ruang pamer di pantai barat AS dan bulan lalu melakukan peletakan batu pertama untuk pabrik yang tertunda di North Carolina.

Ambisi VinFast Terhambat oleh Masalah Keamanan dan Keuangan

Namun, ambisinya terhambat oleh berbagai masalah, termasuk pertanyaan tentang keamanan kendaraan dan kemampuannya untuk membiayai ekspansi yang sangat cepat. Pendirinya menyuntikkan dana sebesar USD2,5 miliar tahun ini. Pengiriman mobil pertama VinFast ke AS pada bulan Desember mendapatkan ulasan produk yang buruk, dan perusahaan melakukan penarikan besar-besaran setelah Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional memperingatkan adanya kesalahan perangkat lunak yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Tahun ini, sebuah rencana penawaran umum perdana digagalkan oleh apa yang VinFast gambarkan sebagai kondisi pasar internasional yang sulit. Sebagai gantinya, grup Vietnam ini memilih untuk bergabung dengan perusahaan cek kosong yang berbasis di Hong Kong, Black Spade Acquisition, dan tidak menggalang dana dari luar. Kerugian bersih di VinFast pada kuartal pertama mencapai 14,1 triliun dong (USD588 juta) dibandingkan dengan 9,7 triliun dong pada kuartal yang sama tahun sebelumnya.

See also  Tingkatkan Taktik Anda dengan Memainkan Game Strategi Terbaik di Steam

Kekayaan Bersih Pemilik VinFast Meningkat dengan Melonjaknya Kapitalisasi Pasar

Berdasarkan laporan Bloomberg Billionaires Index, kenaikan kapitalisasi pasar VinFast mendorong kenaikan kekayaan bersih pemilik sekaligus taipan Pham Nhat Vuong, yang juga menduduki posisi chairman. Dalam debut saham itu, kekayaan Vuong bertambah USD39 miliar atau setara Rp592,8 triliun, yang kini kekayaannya mencapai USD44,3 miliar.

valuasi-aset-kalahkan-ford-harta-pemilik-mobil-listrik-vietnam-melesat-rp593-triliun-zcc Valuasi Aset Vietnam Sentuh Angka Rp593 Triliun, Melebihi Harta Pemilik Mobil Listrik

Baca Juga:

Post Comment

What are the payment options for melbourne international freight company services ?. Contact us spa bali | spa in seminyak | spa in bali. The distinctive series.